visitaaponce.com

1962 Lukisan Mona Lisa Dipamerkan di Amerika

1962:  Lukisan Mona Lisa Dipamerkan di Amerika
(wikipedia)

MONA Lisa atau La Gioconda adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat Leonardo da Vinci pada abad ke-16.

Lukisan itu sering dianggap sebagai lukisan paling terkenal di dunia. Lukisan itu dimiliki pemerintah Prancis dan di pamerkan di Musee du Louvre Paris, Prancis. Lukisan setengah badan itu menggambarkan perempuan yang seolah menatap pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatic atau misterius.

Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo da Vinci yang terbit 31 tahun setelah ia meninggal dunia. Di dalam buku itu, disebutkan perempuan dalam lukisan tersebut ialah Lisa Gherardini, istri pengusaha asal Firenze yang bernama Francesco del Giocondo.

Mona dalam bahasa Italia ialah singkatan untuk madonna yang berarti ‘nyonyaku’ sehingga arti judul lukisan Mona Lisa ialah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia, biasanya judul lukisan ditulis Monna Lisa.

Lalu La Gioconda merupakan bentuk feminin dari giocondo. Kata giocondo dalam bahasa Italia berarti riang dan La Gioconda berarti perempuan riang. Nama Mona Lisa dan La Gioconda sebagai judul lukisan diterima secara luas sejak abad ke-19. Sebelumnya, lukisan itu disebut dengan berbagai nama seperti ‘Perempuan dari Firenze’ atau ‘seorang perempuan bangsawan berkerudung tipis’.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat