visitaaponce.com

Pemanfaatan Tali Pusar Bayi untuk Pengobatan

Pemanfaatan Tali Pusar Bayi untuk Pengobatan
(AFP/JM LOPEZ)

PERUSAHAAN penyedia jasa kesehatan bagi ibu dan anak, PT Cordlife Persada, menggelar seminar edukatif bagi para ibu hamil yang sedang mempersiapkan persalinan. Salah satu topik yang dibahas ialah mitos penyimpanan tali pusar bayi.

”Ada sebagian masyarakat yang menjalankan tradisi mengeringkan dan menyimpan tali pusar bayi. Tujuannya, ketika bayi sakit tali pusar itu direndam air, lalu airnya dipakai untuk mengobati. Kami ingin meluruskan mitos tersebut,” ujar dokter Meriana Virtin selaku Medical Advisor PT Cordlife Persada, pada seminar Cordlife’s Pregnancy Journey yang digelar di Jakarta, akhir bulan lalu.

Ia menjelaskan langkah menyimpan tali pusar bayi oleh mungkin bagian dari pengetahuan orang-orang zaman dahulu bahwa tali pusar memiliki manfaat khusus.

Secara ilmiah, tali pusar bayi memang mengandung sel punca yang diketahui sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit berat seperti talasemia dan leukemia.

”Namun, memanfaatkan sel punca bukan dengan cara seperti itu, melainkan dengan menyimpan beku darah tali pusar maupun ­sebagian jaringan tali pusar dengan ­perangkat khusus bersuhu -150 ­derajat celsius di bank penyimpanan darah tali pusar. Dengan cara itulah, sel-sel punca yang bisa terpelihara dan bisa dimanfaatkan di masa mendatang untuk pengobatan,” paparnya.

Manager Cord Blood Banking PT Cordlife Persada, Wita Pratiwi, menambahkan, sebagian ibu sudah paham fungsi penyimpanan darah tali pusar.

”Namun, mereka tahunya ­layanan itu hanya ada di luar negeri. ­Padahal, di dalam negeri juga sudah bisa ­dilakukan,” katanya. (Nik/H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Panji Arimurti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat