visitaaponce.com

Seekor Bayi Orang Utan Lahir Suaka Margasatwa Lamandau

Seekor Bayi Orang Utan Lahir Suaka Margasatwa Lamandau
Ilustrasi(AFP)

Satu Individu bayi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) dari induk bernama Camelia telah lahir di Suaka Margasatwa Lamandau (SML), Kalimantan Tengah. Kelahiran bayi orang utan ini menjadi kelahiran yang ke-92 (sembilan puluh dua) dalam kurun waktu 2003 sampai dengan 2021 di area soft release SML.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Tengah, Nur Patria Kurniawan menceritakan, sebelumnya orang utan Camelia terpantau hamil sejak bulan September 2021. Kemudian pada 1 Desember 2021, orang utan Camelia datang ke Camp Pelepasliaran dan Pemantauan Gemini di SML dengan menggendong bayinya yang saat itu diperkirakan berusia kurang dari 1 minggu.

"Kelahiran bayi dari induk Camelia saat ini diberi nama Tasia. Sampai saat ini staf Balai KSDA Kalimantan Tengah dan staf lapangan OF-UK Indonesia masih mengikuti orang utan Camelia untuk memantau kondisi orang utan Camelia dan bayinya selama minggu-minggu awal pasca melahirkan," kata Nur Patria dalam keterangan resmi, Kamis (16/12).

Ia mengungkapkan, adanya kelahiran di area soft release menandakan bahwa area soft release cukup representatif dan animal welfare memadai, selanjutnya ke depan diharapkan dukungan banyak pihak terkait pelestarian satwa liar khususnya orang utan. "Semoga bayi orang utan sehat dan dapat survive di habitatnya,” tambah dia.

Diketahui kelahiran Tasia ini merupakan kelahiran kedua dari orang utan Camelia, dimana sebelumnya pada tahun 2016 Camelia telah melahirkan bayi pertamanya yang di beri nama Charles. Saat ini terpantau terdapat 3 (tiga) individu yang sedang hamil yakni individu Berline di Camp Buluh serta Max dan Sakura di Camp Gemini.

“Balai KSDA Kalimantan Tengah dan OF-UK Indonesia akan selalu mengawasi dan memperhatikan kesehatan orang utan yang ada di SML, terutama orang utan yang terpantau sedang hamil agar kesehatannya selalu terjaga baik induk maupun anaknya,” pungkas Nur Patria. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat