visitaaponce.com

Arifin Panigoro Tutup Usia

Arifin Panigoro Tutup Usia
Arifin Panigoro saat dilantik sebagai anggota Wantimpres di Istana Negara pada 13 Desember 2019.(ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

PENGUSAHA Arifin Panigoro meninggal dunia di Amerika Serikat (AS) pada Senin (28/2) pukul 3.29 WIB. Hal itu diketahui dari pesan WhatsApp yang mengatasnamakan keluarga Arifin Panigoro

Belum diketahui penyebab meninggalnya anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) berusia 76 tahun itu.

Rencananya, jenazah Arifin akan disemayamkan di rumah duka di Griya Jenggala, Jl Jenggala 1 No 2.

Baca juga: Sosok di Balik Lambang Ganesha ITB itu Telah Tiada

Arifin Panigoro dikenal sebagai pendiri dan pemilik MedcoEnergi yaitu perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia.

Arifin panigoro dikenal dekat dengan gerakan mahasiswa. Pada 1998, dia dituduh berupaya menggagalkan Sidang Umum MPR 1998 untuk melantik Presiden Soeharto untuk ketujuh kalinya, karena melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik di Hotel Radisson, Yogyakarta. 

Sebuah memo dari asisten Wakil Presiden kala itu, Sofian Effendi, menuduhnya berencana melakukan makar. 

Selanjutnya, ketika aksi mahasiswa semakin memanas, Arifin memberi bantuan konsumsi kepada para demonstran yang melakukan aksi di Gedung DPR. Ribuan kotak makanan dikirim. Hal itu membuat Arifin dituding sebagai tokoh di belakang aksi atau cukong para mahasiswa.

Di era Presiden Presiden Republik Indonesia Ketiga (1998-1999) yaitu BJ Habibie, Arifin Panigoro juga pernah dijerat dengan tuduhan pidana korupsi penyalahgunaan commercial paper senilai lebih dari Rp 1,8 triliun. 

Pada waktu itu, sejumlah kalangan percaya dijeratnya Arifin karena kedekatannya dengan gerakan mahasiswa. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat