visitaaponce.com

Bukti Nyata Kiamat akan Tiba

Bukti Nyata Kiamat akan Tiba
(MI/Seno)
PADA edisi kali ini, Tafsir Al-Misbah membahas kandungan Surah Al-Hajj ayat 1-7 yang secara garis besar menjelaskan hari kiamat, serta setan sebagai musuh bagi manusia yang menyesatkan dari jalan yang benar.

Itu mengisahkan juga proses kejadian manusia dan tumbuh-tumbuhan sebagai bukti nyata tentang kebenaran hari berbangkit, serta penghisaban kepada manusia dan pembalasan terhadap mereka pada hari kiamat.

Pada ayat 1, surah ini mengingatkan kepada manusia agar bertakwa kepada Tuhan karena sesungguhnya hari kiamat ialah suatu kejadian yang amat besar. "Wahai, manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu ialah suatu (kejadian) yang sangat besar."

Kemudian ayat 2, "(Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (guncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah tersebut sangat keras."

Pada ayat 2 dijelaskan bahwa ketika datang hari kiamat tersebut, seluruh manusia meninggalkan seluruh pekerjaan mereka. Perempuan yang menyusui akan meninggalkan anaknya, perempuan yang sedang hamil akan mengalami keguguran, dan bahkan banyak manusia yang terlihat sedang mabuk, padahal sebenarnya ia sedang mendapatkan azab dari Allah SWT.

Ayat 3, "Dan di antara manusia ada yang berbantahan tentang Allah tanpa ilmu dan hanya mengikuti para setan yang sangat jahat."

Ayat 4, "(tentang setan), telah ditetapkan bahwa siapa yang berkawanan dengan dia maka dia akan menyesatkannya dan membawanya ke azab neraka."

Kedua ayat itu menjelaskan manusia yang tidak memercayai Allah SWT tanpa ilmu yang jelas hanya mengikuti bisikan setan. Sesungguhnya manusia yang seperti itu akan berteman dengan setan dan akan membawa manusia ke neraka.

Pada ayat selanjutnya, yaitu ayat 5, ditunjukkan bukti nyata tentang kebenaran hari kiamat melalui proses terjadinya manusia dan tumbuh-tumbuhan, "Wahai, manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan, dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun) sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tumbuhan) yang indah."

Selanjutnya pada ayat ke-6, "Yang demikian itu karena sungguh, Allah, Dialah yang hak, dan sungguh, Dialah yang menghidupkan segala yang telah mati, dan sungguh, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

Ayat 7 menerangkan, "dan sungguh, (hari) kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

Pada ayat 6 dan 7 tersebut, ditegaskan untuk meyakinkan kita semua bahwa hanya Allah SWT yang berhak dan Mahakuasa atas segala sesuatu. Hanya Allah yang bisa menghidupkan orang yang sudah mati ketika hari kiamat tiba pada waktunya.(*/H-2)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Admin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat