visitaaponce.com

Dinkes DKI Cepat Lambat Varian Omikron BF.7 Akan Melanda Indonesia

Dinkes DKI : Cepat Lambat Varian Omikron BF.7 Akan Melanda Indonesia
Ilustrasi(AFP)

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan menjelaskan, Indonesia akan dilanda virus omikron BF.7 yang merupakan turunan omikron BA.5 yang sedang membuat peningkatan kasus di Tiongkok dan banyak negara seperti India.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, omikron jenis BA.5 pernah memuncak pada Juli 2022 di Jakarta.

Adapun lonjakan kasus covid-19 di Indonesia kembali meningkat di level 5.000-an per hari pada bulan Juli, sejak maraknya penyebaran Omikron. "Kita bisa melihat juga kondisi di India, biasanya mirip dengan Indonesia,"ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (29/12).

Ngabila mengimbau, upaya pengetatan di pintu masuk negara seperti bandar udara (bandara) salah satu upaya. Selain itu ia juga menjelaskan 3 langkah lainnya.

"Pertama tingkatkan vaksinasi dosis 3 dan 4 pada lansia untuk mempertahankan kadar imunitas tetap tinggi," jelasnya.

Ia mengatakan, Saat ini baru 58% lansia Jakarta vaksin dosis 3 dan baru 20% lansia dosis 4. Cakupan vaksinasi D3 jakarta usia 18 th ke atas juga baru 72%. "Perlu kebijakan ekstra (di tengah kejenuhan masyarakat) untuk mendorong masyarakat mau vaksin untuk mempertahankan kadar imunitas," paparnya.

Cara kedua deteksi dini dan kontrol komorbid penyakit tidak menular terutama usia 40 tahun ke atas. "Yang ketiga deteksi dini jika bergejala covid19 atau kontak erat untuk langsung PCR atau antigen gratis di puskesmas jakarta terutama jika berusia 40 tahun ke atas atau memiliki komorbid berat agar dapat dipantau petugas kesehatan sedini mungkin dan tidak terlambat dibawa ke rumah sakit jika terjadi keparahan," pungkasnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat