visitaaponce.com

Pengertian Rasional Menurut Ahli, Ciri, dan Jenis

Pengertian Rasional Menurut Ahli, Ciri, dan Jenis
Ilustrasi.(123RF )

KATA rasional erat hubungannya dengan pemikiran atau pertimbangan yang dikemukakan seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rasional berarti menurut pikiran dan pertimbangan yang logis, menurut pikiran yang sehat, atau yang cocok dengan akal.

Baca juga: Smart Skin Care Dapat Rawat Kesehatan Kulit Lebih Efektif

Pengertian Rasional Menurut Ahli

Max Weber 

Max Weber mengemukakan dua jenis rasionalitas manusia, yaitu rasionalitas tujuan dan rasionalitas nilai. Rasionalitas tujuan mengakibatkan seorang atau sekumpulan orang dalam satu tindakan berorientasi tujuan, cara mewujudkannya, dan akibat-akibatnya. Jenis ini bersifat formal karena mengutamakan tujuan dan cenderung mengabaikan nilai. Sementara itu rasionalitas nilai mempertimbangkan nilai-nilai atau berbagai etika dalam mengambil langkah untuk mencapai tujuan.

John Dewey

Menurut Dewey rasional merupakan ide-ide yang diuraikan dalam larutan rasional lewat pembentukan implikasi mengumpulkan dan memperkuat bukti, kemudian menyimpulkannya melalui kesaksian atau percobaan.

Ciri-ciri Pemikiran Rasional

-    Berpikir tentang masa depan lebih dari masa lalu. 
-    Melakukan sesuatu sesuai rencana yang sudah dibuat. 
-    Selalu menanyakan alasan terlebih dahulu. 
-    Perihal mencapai target dipandang sebagai sesuatu yang tidak sulit. 
-    Selalu memastikan sebab dan akibat. 
-    Jarang membuang waktu untuk memikirkan suatu hal terlalu lama. 
-    Mudah mendapat informasi. 
-    Tidak membiarkan emosi membutakan penilaian.

Jenis-jenis Rasionalitas

1.    Rasionalitas praktis – menjalani hidup yang memandang dan menilai berbagai kesibukan duniawi dalam hubungannya dengan kebutuhan individu yang murni pragmatis dan egoistis.
2.    Rasionalitas teoritis – menggiring orang lain untuk melihat kenyataan keseharian dalam upayanya mengerti dunia sebagai sesuatu yang mengandung arti.
3.    Rasionalitas substantif – mirip dengan rasionalitas subtantif, namun melibatkan penentuan fasilitas untuk mewujudkan tujuan.

(OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat