visitaaponce.com

Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern

Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern
Alat musik tiup.(Ilustrasi)

SALAH satu jenis alat musik yang sering dimainkan orang adalah alat musik tiup. Alat musik tiup adalah jenis alat musik yang paling umum dalam dunia jazz. Alat musik tiup menghasilkan suara dengan getara udara. Terdapat dua kelompok utama di keluarga alat musik tiup, yakni alat musik tiup kayu dan alat musik kuningan.

Alat musik tiup merupakan alat berisi beberapa jenis resonator yang biasanya berupa tabung, di mana getaran diatur dari kolom udara oleh pemain yang meniup ke corong yang ada atau dekat ujung resonator. Adapun, ketinggian getaran ditentukan oleh panjang tabung yang dimodifikasi secara manual dari panjang efektif bergetarnya kolom udara.

Baca juga: Menkes Jamin Vaksin Anak Diberikan Secara Gratis

Dalam beberapa kasus alat musik tiup, buluh yang ditiup menghasilkan suara. Sementara yang lain, butuh dengungan ke dalam corong logam. Ada pula yang mengharuskan pemain meniup ke lubang tepi alat musiknya, menghasilkan belahan kolom udara dan menciptakan suara.

Alat Musik Tiup Tradisional 

1.    Saluang – berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat dan terbuat dari bambu tipis atau talang. 
2.    Suling Bambu – berasal dari Sunda, Jawa Barat dan terbuat dari bambu dengan ciri-ciri berbentuk ramping, panjang sekitar 15-30 cm, dengan diameter berkisar 3-4 cm.
3.    Suling Lembang – berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan dimainkan sama seperti suling lainnya. Suling lembang adalah alat musik tiup terpanjang di Indonesia.
4.    Serunai Banjar – berasal dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan. agian ujung tempat suara keluar berbentuk seperti lonceng, dan terdapat ukiran khas Banjar. Terdapat reeds ganda dan lubang di bagian tengah. Reeds terbuat dari daun kelapa kering.
5.    Bangsi alas – berasal dari Aceh dan terbuat dari bambu dengan panjang sekitar 40 cm dan diameter sekitar 2,8 cm.
6.    Foy Doa – berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Foy doa terbentuk dari dua batang bambu berukuran kecil dengan 4 lubang di setiap badan suling membuatnya bisa menghasilakn nada tunggal atau ganda.

Alat Musik Tiup Tradisional Modern

1.    Klarinet – menggunakan satu reed dan berasal dari keluarga alat musik tiup kayu. Namanya dapat diartikan sebagai terompet kecil atau mendekati saksofon.
2.    Obo – memiliki double reed dengan bahan kayu. Termasuk dalam bagian shawm. Namanya berasal dari Bahasa Perancis hautsbois yang berarti high wood.
3.    Saksofon – termasuk dalam jenis alat musik tiup kayu dan populer dimainkan dalam genre jazz dan big band.
4.    Flute – terbuat dari perak, emas atau kombinasi keduanya.
5.    Terompet – memiliki ciri khas yakni 3 tombol untuk menghasilkan nada. Termasuk dalam daftar tertinggi alat musik tiup di antara trombone, tuba, eufonium, French horn dan bariton.
6.    Trombone – berasal dari bahasa Italia yakni tromba (terompet) dan one (akhiran yang besar).
7.    Harmonika – dimainkan dengan cara ditiup dan dihisap. Ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann dan terdiri dari plat getar modern yang disusun secara horizontal dengan desain kromatis.
8.    Tuban – termasuk dalam daftar alat musik tiup kuningan (brass) terbesar, mmeiliki 3 tombol untuk mengatur nada.
9.    Bason atau fagot – memiliki pipa berbentuk huruf “U” dan logam berbentuk “S”dengan lidah ganda. 

(OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat