visitaaponce.com

Simak Cara Melakukan Kayang yang Benar agar Dapat Manfaatnya

Simak Cara Melakukan Kayang yang Benar agar Dapat Manfaatnya
Sikap Kayang(penjasorkes)

GERAKAN Kayang atau bridge pose merupakan salah satu gerakan yang dilatih dalam senam lantai atau floor exercise yang memiliki banyak manfaat.

Gerakan ini umumnya menghadirkan tekanan pada bahu dan sedikit bagian pinggang, sehingga meningkatkan kelentukan tubuh pesenam. Penilaian gerakan kayang dengan menempatkan kaki lebih tinggi dan memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada bagian pinggang.

Sikap kayang sendiri hampir sama dengan sikap lilin, tujuannya sama-sama untuk melatih kelenturan tubuh.

a. Tujuan Latihan Kayang 

Tujuan latihan kayang untuk melatih kekuatan otot bahu, perut pinggang, dada, serta tangan dan kaki. Kayang termasuk salah satu gerakan dasar dalam senam lantai. 

Selain itu juga, gerakan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres atau menjaga kesehatan mental dan meringankan gangguan pernapasan, khususnya untuk penderita asma. 

b. Cara Melakukan Gerakan Kayang

Secara garis besar, gerakan kayang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan posisi berdiri dan terlentang. Bagi pemula, Anda disarankan untuk melakukan kayang dengan terlentang atau berbaring di matras terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

- Berbaring terlentang pada matras dengan menekuk lutut dan meletakkan telapak kaki sampai dekat dengan bokong.

- Usahakan ujung jari tangan dapat menyentuh tumit dengan memposisikan kaki sejajar dan juga memberi jarak dengan pinggul.

- Tekuklah siku dengan mengangkat telapak tangan menghadap ke atas.

- Letakkan telapak tangan pada bagian bawah bahu dengan jari-jari menghadap ke arah kaki.

- Tekan kedua telapak tangan dan kaki agar bahu dan pinggul bisa terangkat dari matras secara perlahan. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan Anda sudah siap melakukan kayang dengan menarik napas terlebih dahulu.

- Ketika bagian kepala sudah terangkat, posisikan kepala menghadap ke matras tanpa harus membebani leher.

- Jangan terburu-buru, pastikan terlebih dahulu siku tetap sejajar dan tidak melebar.

- Kemudian, Anda bisa meluruskan lengan setelah mengangkat kepala dengan memastikan posisi lutut dan kaki masih sejajar.

- Setelah itu, Anda bisa membusungkan dada dan meluruskan kedua kaki.

- Sikap kayang sudah terlaksana dengan aman dan mudah. Guna mengembalikan ke posisi semula, Anda bisa menyelipkan dagu ke bagian dada, lalu turunkan tubuh secara perlahan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat