visitaaponce.com

Penyebab dan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Penyebab dan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia
Ilustrasi keberagaman(MI/Ramdani)

KEBERAGAMAN adalah sebuah keniscayaan. Dalam hubungan sosial, kita acap kali bertemu dengan individu yang memiliki perbedaan. Perbedaan kolektif inilah yang menciptakan keragaman di dalam kehidupan bermasyarakat. Kendati demikian, bagaimana seharusnya kita menyikapi keberagaman itu sendiri? Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Keberagaman

Dalam buku “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)” oleh Sri Nurhayati, keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang menggambarkan perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan itu dapat mencakup suku, ras, agama, ideologi dan budaya. 

Masyarakat yang beragam berarti masyarakat yang memiliki nilai yang lebih dari satu. Masyarakat ini sering juga disebut sebagai masyarakat plural, heterogen atau multikultural. Artinya, terdapat hal atau nilai yang menunjukkan perbedaan yang bermacam-macam, sehingga tidak dapat disamaratakan.

Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Dalam suatu masyarakat, terdapat perbedaan-perbedaan yang terjadi yang merupakan hasil dari akulturasi, penetrasi atau kolaborasi suatu nilai dengan yang lain. Kendati demikian, penyebab dari keberagaman dalam masyarakat Indonesia, dapat disebabkan oleh uraian seperti berikut:

1. Letak Indonesia yang dikelilingi oleh benua dan negara yang memiliki corak budaya yang beragam.

2. Kondisi alam di Indonesia yang cukup beragam, berpengaruh pada nilai nilai adat, budaya dan kehidupan masing masing anggota masyarakat Indonesia.

3. Indonesia dengan pulau yang mencapai belasan ribu, menciptakan perbedaan perbedaan yang berimbas pada keberagaman.

4. Indonesia yang memiliki sejarah panjang dengan kerajaan yang berdiri di Indonesia dan penjajahan yang terjadi di tanah air menciptakan akulturasi serta penetrasi kebudayaan di Indonesia.

5. Indonesia sebagai negara yang dipengaruhi oleh kehidupan beragama, menciptakan kondisi perbedaan dalam nilai adat istiadat, budaya dan cara pandang.

Akibat dari Keragaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman yang hidup dan tinggal di masyarakat adalah hal yang mutlak dan tidak dapat dihindarkan, selagi individu menjadi anggota dari sebuah masyarakat. Maka, keberagaman memiliki dampaknya sendiri, baik itu positif ataupun negatif.

Dampak positif dari keberagaman, contohnya, menjadikan Indonesia sebagai negara yang dikenal dengan nilai pluralistik, Indonesia memiliki suku dengan jumlah kurang lebih 1.340 dengan bahasa daerah sekitar 718 dan kepercayaan serta agama yang beragam. Artinya, Indonesia dilihat menjadi negara yang mengakui dan melindungi keberagaman itu sendiri.

Di sisi lain, keberagaman juga memiliki dampak negatif. Contohnya, konflik antarsuku, agama, dan ras. Pada dasarnya, tiap-tiap kelompok tidak pernah mengajarkan kekerasan ataupun anggapan kelompok lain lebih rendah. Namun, sikap supremasi atas nilai yang dianut tiap individu adalah hal yang tidak dapat dihilangkan. Maka, menjaga keberagaman dalam lingkup masyarakat adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghindarkan dampak negatif dari keberagaman itu sendiri.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat