visitaaponce.com

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan
Ilustrasi mandi air hangat(Freepik.com)

MANDI adalah salah satu kegiatan untuk membersihkan diri. Pada saat melakukan aktivitas seharian, tubuh menjadi kotor dan mengalami kelelahan. Dengan mandi, tubuh menjadi lebih bersih dan lebih rileks. 

Meskipun mandi sering dilakukan dengan air suhu normal, mandi dengan menggunakan air hangat juga memiliki manfaat bagi tubuh. 

Dilansir dari laman Alodokter, berikut adalah daftar dari manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

Baca juga : Hikmah Puasa Ramadan dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Dengan mandi menggunakan air hangat, tubuh menjadi lebih rileks. Efek relaksasi dari menggunakan air hangat tersebut, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. 

2. Membantu mengatasi sembelit

Mandi dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam epsom, dapat membantu mengatasi sembelit pada tubuh. Karena, sembelit yang terjadi yang disebabkan oleh pergerakan usus tidak teratur. 

3. Mengatasi gejala wasir

Wasir atau yang dikenal dengan istilah ambeien, adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan pada ujung anus atau rektum. Dengan mandi menggunakan air hangat, dapat membantu tubuh untuk lebih rileks dan meredekan gejala dari wasir. 

4. Mengatasi gejala sakit kulit

Dengan mencampurkan air hangat dengan bubuk oatmeal khusus, dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi pada kulit. 

5. Meredakan nyeri akibat prostatistis 

Kelenjar prostat atau penghasil dari sperma dapat mengalami peradangan. Mandi air hangat, dapat membuat tubuh lebih rileks dan dapat mengurangi gejala penyakit prostat. (Z-5(

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat