visitaaponce.com

Inilah Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan, Kenali Juga Efek Sampingnya

Inilah Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan, Kenali Juga Efek Sampingnya
Buah mengkudu.(MI)

BUAH Mengkudu yang berasal dari tanaman cemara tropis sudah cukup lama digunakan sebagai obat tradisional. Biasanya buah yang satu ini dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh. Kandungannya yang kaya antioksidan seperti Vitamin C, A, B3 (niasin) dan zat besi membuat buah ini punya dampak baik untuk kesehatan kamu.

Yuk simak beberapa manfaat konsumsi buah Mengkudu berikut ini:

1. Atasi Radang Sendi

Penderita radang sendi atau arthritis cocok mengonsumsi buah Mengkudu karena kandungannya yang memiliki sifat analgesik ampuh mengatasi rasa sakit pada persendian.

2. Efektif Menurunkan Asam Urat

Asam urat merupakan sakit radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat di persendian. Hasil penelitian membuktikan bahwa buah mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko asam urat.

3. Menambah Energi

Untuk khasiat menambah energi sudah banyak dikenal masyarakat karena memang sudah sejak lama mengkudu dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Buah ini diyakini dapat meningkatkan energi dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

4. Melembapkan Kulit

Kandungan antioksidan pada Mengkudu punya manfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Jika digunakan sebagai lulur, buah mengkudu dapat membantu melembapkan kulit, menyehatkan dan menutrisinya.

5. Mengatasi Penuaan Dini

Kandungan Vitamin C dan selenium pada Mengkudu dapat membantu manusia mengalami penuaan dini. Kenapa? Mengkudu dengan kandungannya mampu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan membalikkan efek penuaan, termasuk untuk merawat kulit dan menjaganya agar tetap sehat dan awet muda.

Awasi Efek Samping

Namun bukan berarti Mengkudu bisa dipakai sesuka hati karena ada beberapa perdebatan mengenai keamanan jus mengkudu untuk penggunaan medis. Karena penggunaan jus atau ekstrak buah ini yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Penelitian menemukan bahwa mengkudu mengandung antrakuinon yang merupakan senyawa bersifat hepatotoksik, atau beracun bagi hati dan karsinogenik. Makanya buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit hati, termasuk hepatitis C kronis dan hepatitis B.

Bukan hanya itu jus buah mengkudu juga tinggi kalium dan harus dihindari oleh orang dengan penyakit ginjal, jantung, dan hati.

Buah ini juga tidak disarankan dikonsumsi oleh orang yang menjalani pengobatan dengan obat diuretik hemat kalium, penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), atau penghambat reseptor angiotensin (ARB). Karena interaksinya dapat menyebabkan hiperkalemia.

Demikian pula jika memiliki gangguan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti maka buah mengkudu tidak disarankan karena dapat memperlambat pembekuan darah.

Dan perlu diketahui juga karena kurangnya penelitian mengenai keamanan, mengkudu sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau anak-anak. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat