visitaaponce.com

Ini Sejarah Hari Puisi Nasional Setiap 28 April serta Profil Legenda Chairil Anwar dan Contoh Puisinya

Ini Sejarah Hari Puisi Nasional Setiap 28 April serta Profil Legenda Chairil Anwar dan Contoh Puisinya
Pameran Mengenang 100 Tahun Chairil Anwar.(Antara Foto/Darryl)

Tanggal 28 April selalu diperingati sebagai Hari Puisi Nasional. Tahukah kamu puisi merupakan salah satu karya yang memberikan banyak sekali pengaruh bagi kehidupan?

Bukan hanya itu puisi juga dapat membangkitkan semangat juang dalam melawan penjajahan.

Lantas, mengapa hari Puisi Nasional diperingati pada tanggal tersebut? Dan apa kaitannya dengan Cahiril Anwar? Nah, untuk mengetahui lebih dalam, yuk simak artikel berikut ini.

Sejarah Hari Puisi Nasional

Hari Puisi Nasional ditetapkan sesuai dengan tanggal kepergian penyair terkemuka di Indonesia, Chairil Anwar. Puisi-puisi yang di buat Chairil Anwar, banyak berisi mengenai para pejuang kemerdekaan di zamannya. Selain itu, puisinya juga banyak yang menggambarkan semangat perlawanan bangsa Indonesia untuk merdeka pada saat itu.

Baca juga: Yuk Pahami Apa Itu Diksi dan Fungsinya

Adanya Hari Puisi Nasional ini, diharapkan masyarakat dapat memperingati dan mengenang karya-karya Chairil Anwar. Dari Chairil Anwar kita dapat mempelajari bahwa memperjuangkan Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dalam membuat karya yang luar biasa.

Profil Chairil Anwar

Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini kita akan membahas profil dari Chairil Anwar yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk di-scroll.

Chairil Anwar adalah seorang penyair terkemuka di Indonesia. Dia dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang", dari karyanya yang berjudul Aku. Chairil banyak menelurkan puisi-puisi yang mayoritas bertemakan kematian, individualisme, dan ekstensialisme.

Baca juga: Aku Ingin, Puisi Paling Terkenal Sapardi Djoko Damono

Karya-karya Chairil dikompilasikan dalam tiga buku, yaitu Deru Campur Debu (1949), Kerikil Tajam Yang Terampas dan Yang Putus (1949), dan Tiga Menguak Takdir yang merupakan kumpulan puisi bersama Asrul Sani dan Rivai Apin (1950), serta pemahaman ke dalam Bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol.

Chairil lahir di Medan, 26 Juli 1922. Ia adalah putra mantan Bupati Indragiri Riau, dan masih memiliki ikatan keluarga dengan Perdana Menteri pertama Indonesia, Sutan Sjahrir. Ia bersekolah di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang kemudian dilanjutkan di MULO, tetapi tidak sampai tamat. Meskipun latar belakang pendidikannya terbatas, Chairil menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Belanda, dan Jerman.

Ia mulai mengenyam pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School (HIS), sekolah dasar untuk orang-orang pribumi pada masa penjajahan Belanda. Dia kemudian meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO). Saat usianya mencapai 18 tahun, dia tidak lagi bersekolah. Namun, sejak usia 15 tahun, dirinya telah bertekad menjadi seorang seniman.

Pada usia 19 tahun, setelah perceraian orang tuanya, Chairil bersama ibunya pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) di mana dia berkenalan dengan dunia sastra; walau telah bercerai, ayahnya tetap menafkahinya dan ibunya. Meskipun tidak dapat menyelesaikan sekolahnya, ia dapat menguasai berbagai bahasa asing seperti Inggris, Belanda, dan Jerman.

Ia juga mengisi waktunya dengan membaca karya-karya pengarang internasional ternama, seperti Rainer Maria Rilke, W.H. Auden, Archibald MacLeish, Hendrik Marsman, J. Slaurhoff, dan Edgar du Perron. Penulis-penulis tersebut sangat memengaruhi tulisannya dan secara tidak langsung terhadap tatanan kesusasteraan Indonesia.

Setelah itu, ia menciptakan karya-karya lain yang sangat terkenal bahkan hingga saat ini seperti "Krawang Bekasi" dan "Aku".

Nama Chairil mulai terkenal dalam dunia sastra setelah pemuatan puisinya yang berjudul Nisan pada tahun 1942, saat itu ia baru berusia 20 tahun. Hampir semua puisi yang ia tulis merujuk pada kematian. Namun, saat pertama kali mengirimkan puisi-puisinya di majalah Pandji Pustaka untuk dimuat, banyak yang ditolak karena dianggap terlalu individualistis dan tidak sesuai dengan semangat Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya.

Ketika menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta, Chairil jatuh cinta pada Sri Ayati, tetapi hingga akhir hayatnya Chairil tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Puisi-puisinya beredar di atas kertas murah selama masa pendudukan Jepang di Indonesia dan tidak diterbitkan hingga tahun 1945. Kemudian ia memutuskan untuk menikah dengan Hapsah Wiraredja pada 6 Agustus 1946. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Evawani Alissa yang sekarang berprofesi sebagai notaris , tetapi bercerai pada akhir tahun 1948.

Belum genap 27 tahun, Chairil meninggal dunia. Ada beberapa versi tentang penyebab kematiannya, namun satu hal yang pasti adalah ia mengidap TBC disinyalir menjadi sebab kepergiannya. Walaupun hidupnya di dunia sangat singkat, Chairil Anwar dan karya-karyanya sangat melekat di dunia sastra Indonesia.

Karya-karya Chairil juga banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing, antara lain bahasa Inggris, Jerman dan Spanyol. Sebagai tanda kehormatan, dibangun patung dada Chairil Anwar di kawasan Jakarta dan hari kematiannya diperingati sebagai Hari Chairil Anwar oleh para pengagumnya.

Puisi Chairil Anwar

Berikut beberapa puisi Chairil Anwar yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aku

Aku

Kalau sampai waktuku

Ku mau tak seorang kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari Hingga hilang pedih perih

Dan akan lebih tidak peduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

2. Sendiri

Sendiri

Hidupnya tambah sepi, tambah hampa

Malam apa lagi

Ia memekik ngeri

Dicekik kesunyian kamarnya

Ia membenci. Dirinya dari segala

Yang minta perempuan untuk kawannya

Bahaya dari tiap sudut. Mendekat juga

Dalam ketakutan-menanti ia menyebut satu nama

Terkejut ia terduduk. Siapa memanggil itu?

Ah! Lemah lesu ia tersedu: Ibu! Ibu!

3. Sia-sia

Sia-sia

Penghabisan kali itu kau datang

Membawaku karangan kembang

Mawar merah dan melati putih:

Darah dan suci

Kau tebarkan depanku

Serta pandang yang memastikan: Untukmu.

Sudah itu kita sama termangu

Saling bertanya: Apakah ini?

Cinta? Keduanya tak mengerti.

Sehari itu kita bersama. Tak hampir-menghampiri.

Ah! Hatiku yang tak mau memberi

Mampus kau dikoyak-koyak sepi.

(Z-9)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat