visitaaponce.com

Kemenag Luruskan Kesalahan Informasi Pelunasan Biaya Haji

Kemenag Luruskan Kesalahan Informasi Pelunasan Biaya Haji
Infografis(MI)

KEMENTERIAN Agama meluruskan kesalahan informasi soal pelunasan biaya haji, saat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, pada 17 Mei 2023 lalu.

Dikatakan Menag, hari itu jemaah haji reguler 2023 seluruhnya telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Sebanyak 203.320 jemaah reguler dari 221 ribu kuota jemaah haji 2023, kata Menag, telah melunasi Bipih tersebut.

Ternyata, kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief, dari jumlah jemaah yang telah melunasi biaya haji tersebut, terdapat 24.276 jemaah cadangan, bukan dari jemaah reguler. "Hal ini terjadi lantara jemaah reguler tersebut belum mampu melunasi Bipih nya sehingga digantikan," terang Hilman, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (22/5).

Baca juga : Alhamdulillah 100% Jemaah Sudah Lunasi Biaya Haji Reguler

Ia kembali menegaskan, bahwa data yang disampaikan oleh Menag merupakan data kuota jemaah haji 2023 bukan pelunasan Bipih.

"Mengenai data yang disampaikan Pak Menteri itu kuota. Jadi kuota awal yang diberikan kepada jemaah kita yang belum optimal sampai diperpanjang (pelunasannya). Tapi kemudian sejak awal kita sudah menentukan kuota berikutnya dalam bentuk cadangan," tukasnya

Baca juga : 1.035 Calon Jemaah Haji Belum Lunasi Bipih, 23.258 Cadangan Siap Gantikan

Menurutnya saat itu terdapat anomali bahwa 24.276 jemaah haji reguler yang berhak berangkat haji tahun ini tidak melakukan konfirmasi dan tidak mampu melunasi Bipih. Pada saat yang sama, dikatakan bahwa jemaah cadangan sudah mampu melunasi kekurangan Bipih tersebut.

"Jadi ada anomali bahwa yang berhak masuk berangkat ada banyak lebih dari 20 ribu orang tidak konfirmasi dan melunasi, pada saat yang sama untuk cadangan urutan berikutnya susah melunasi. Jadi ini data yang ada di kami. Jadi yang disampaikan Pak Menteri itu kuota nasional sudah memenuhi," tandas Hilman. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat