visitaaponce.com

11 Tips Balikan dengan Mantan Pacar

11 Tips Balikan dengan Mantan Pacar
Tips balikan sama mantan(Freepik)

TIDAK sedikit orang yang memilih balikan dengan mantan karena beberapa pertimbangan. Terkadang setelah putus, kamu menyadari masih memiliki perasaan untuk mantan dan ingin bersamanya lagi.

Mantan pacar adalah panggilan atau sebutan bagi seseorang yang pernah menjalin hubungan dekat dengan kita. Jika si dia memang patut untuk diperjuangkan, maka tidak ada salahnya untuk coba menjalin kasih lagi.

Lantas apa tips yang cocok untuk bisa balikan dengan mantan pacar? Yuk disimak sampai bawah biar tahu jawabannya.

1. Sembuhkan Luka Terlebih Dahulu 

Cara balikan sama mantan yang pertama adalah sembuhkan luka dahulu. Jangan kembali dengan hati yang masih tersakiti, karena hal ini tidak akan memperbaiki apa pun. Justru malah bisa memperburuk keadaan hubungan Kamu dengan mantan kekasih. 

Oleh karenanya, sebisa mungkin sembuhkan hati terlebih dahulu agar tidak melibatkan emosi dalam bertindak. Menyembuhkan emosi dan luka yang pernah ada adalah bentuk healing yang jarang disadari. Jangan sampai, balikan sama mantan malah membawa luka yang pernah ada sebelumnya. 

2. Hindari Menghubungi dalam Waktu Cepat 

Lalu jangan menghubunginya juga, ya! Lho, memangnya bisa balikan tanpa menghubunginya? 

Bisa, justru seharusnya Kamu tidak menghubunginya dulu dalam jangka waktu tertentu setelah putus dengan pasangan. Misalnya dalam kurun waktu sebulan atau lebih.  

Nah, ini bertujuan untuk menurunkan emosi di antara sesama dan tentunya membuat pasangan merindu. 

Mengutip dari Join One Love, seseorang juga perlu merenungkan apakah benar merindukan orangnya atau hanya kenangannya saja? Coba dipikirkan kembali dengan matang, ya. 

3. Memaafkan dan Mulai Jalin Komunikasi 

Entah Ia memaafkan atau tidak, itu bukanlah hal penting, sekarang cukup berfokus pada diri sendiri dulu dan maafkan dia. 

Seberat apa pun masalahnya kalahkan marah itu dengan cinta yang masih membara. Lalu, pastikan bahwa mantan belum memiliki pujaan hati yang baru agar bisa bebas mendekatinya lagi. 

Cara balikan sama mantan selanjutnya adalah memberikan perhatian melalui obrolan intensif tanpa mengganggu waktunya, ya. 

Tidak ada salahnya melakukan basa-basi maupun menanyakan kegiatan kesehariannya. 

Kuncinya adalah bersabar. Jangan terus-menerus mengirimkan pesan atau bahkan memarahinya karena tidak membalas pesan. Hal ini justru bikin dia tidak nyaman. Harapan untuk bisa bersama kembali pun menjadi mustahil. 

4. Ajak Bertemu, Bicaralah, dan Minta Maaf 

Meski sudah mengenalnya dengan baik, waktu bisa mengubah seseorang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kembali mengenal satu sama lain dengan mengajaknya bertemu. 

Hal ini bisa juga membantu menghidupkan lagi hubungan lama dengannya, seperti: 
- Jalan-jalan ke suatu tempat 
- Pergi makan malam spesial 
- Minum kopi Bersama 

Namun, kalau dia tidak ingin bertemu, sebaiknya jangan memaksanya. Lalu, saat berbicara dengannya, cobalah untuk minta maaf atas kesalahan yang sudah kamu lakukan selama menjalin hubungan sebelumnya. 

Akui juga bahwa Kamu menginginkannya kembali dan ingin memperbaiki semuanya. Kali ini yakinkan bahwa Kamu sudah menghilangkan hal-hal yang tidak ia sukai. Misalnya, mungkin dulu Kamu bersikap cuek, nah saat ini Kamu harus jadi lebih perhatian padanya. 

5. Akhiri Momen Pertemuan dengan Memori Manis 

Jika sudah bertemu dan sudah berhasil mengutarakan maksud, lalu cara balikan sama mantan selanjutnya, apa ya? 

Pada detik ini, mantan pasti sudah mulai menunjukkan apa yang dia rasakan. Mungkin antusiasnya menyambut Kamu kembali atau justru sebaliknya. Kalau ia tidak menghubungi, itu artinya Kamu harus belajar mengikhlaskannya. 

Nah, pastikan bahwa Kamu selalu mengakhiri pembicaraan secara positif dengan selipan memori kalian. Cara agar dikejar mantan, yaitu dengan memberikan alasan bahwa dirinya sangat berarti di dalam kehidupan.  

6. Berikan Waktu bagi Mantan untuk Berpikir

Kalau sudah mengajaknya berbicara, penting untuk memberi mantan ruang dan waktu. Cara agar balikan sama mantan adalah dengan tidak memaksakan momen dan waktu. Jangan dulu menghubunginya agar ia bisa memahami bagaimana rasanya tidak ada.  Cobalah untuk tidak melakukan kontak apa pun selama 30 hari. 

Nah, dalam masa ini, mantan bisa jadi sedang mengingat kembali kenangan bersama atau mempertimbangkan ajakan balikan pasangannya. Jika ia menghubungi kembali, ini bisa jadi tanda yang positif. Tapi, jika justru sebaliknya. 

7. Jangan Berbohong 

Kalau mau diterima sama mantan, Kamu tidak boleh melakukan kebohongan apa pun. Tidak perlu berpura-pura sakit dan mengancamnya agar ia mau balikan. 

Tidak perlu melakukan tindakan konyol. Alih-alih membuat dia semakin peduli, hal semacam ini justru membuat dia merasa risih dan tidak nyaman. Untuk itu, jangan sekali-kali melakukan kebohongan dalam bentuk apa pun. Selalu bersikap dan berkatalah dengan jujur. 

Tenang, kalau memang ia masih mencintai, ia pasti tidak akan membiarkan Kamu meratapi kesedihan dalam waktu yang sangat lama. 

8. Saling Intropeksi Diri 

Ingat selalu bahwa hubungan cinta bukan tentang siapa yang menang dan siapa yang kalah. Kalau sudah memutuskan untuk kembali bersama, ketahui bahwa perjuangan tidak berakhir di detik tersebut. 

Masih perlu banyak usaha untuk bisa memupuk kembali rasa percaya terhadap satu sama lain. Inilah kesempatan yang bagus dalam membangun hubungan yang lebih erat, Kamu. 

Hal ini bisa dicapai jika kalian saling jujur dengan perasaan satu sama lain, juga mengenai hal apa yang disukai dan apa yang tidak disukai. Membuat batasan untuk tidak saling melanggar batasan adalah kuncinya. Belajarlah bagaimana kalian harus saling menghargai.

9. Jangan Sia-siakan Kesempatan 

Jadi, meskipun Kamu dan mantan bisa berdua bahagia kembali seperti dulu, ada alasan pada sebelumnya mengapa hubungan sempat berakhir. Kesempatan kedua adalah waktu yang tepat untuk saling memperbaiki. Jadi, jangan sia-siakan hal tersebut begitu saja, ya. 

Setiap orang masih perlu menyelesaikan tugas-tugas yang tersisa. Keputusan akhir memang berada di tangan mantan kekasih, sehingga Kamu tidak bisa memaksakan kehendak. Cara agar dikejar mantan selanjutnya yakni tetap mengikut alur yang berjalan dan tidak memaksakan. 

10. Tentukan Rencana Selanjutnya 

Hubungan berakhir karena suatu alasan, jadi apa yang akan berubah untuk membuatnya berhasil untuk kedua kalinya? Apakah Kamu perlu meningkatkan komunikasi atau membangun kembali kepercayaan? dan Apakah berencana untuk mengatur ulang manajemen konflik? Luangkan waktu serius untuk mempertimbangkan apa yang akan berbeda ketika kembali dengan mantan. 

Hal ini agar terlihat bahwa balikan sama mantan jadi keputusan yang tepat dan tidak perlu disesali. 

11. Jadilah Orang yang Membuatnya Jatuh Cinta 

Tak harus menjadi sosok lama yang dulu membuatnya jatuh cinta, kamu bahkan lebih baik menjadi sosok baru yang muncul dalam kehidupannya dan membuatnya jatuh cinta berkali-kali. 

Bagi laki-laki ini akan lebih menarik, tapi pastikan kamu juga nyaman dengan cara ini dan tidak memaksakan diri. Itulah beberapa cara balikan sama mantan yang elegan. Bela, satu hal yang harus kamu tahu adalah jalan kembali itu bisa jadi sangat panjang dan kamu pun bisa terluka selama proses itu berlangsung. Sudah siap menghadapinya?. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat