visitaaponce.com

Kagama Sulsel Harus Kuatkan Kolaborasi Demi Kemajuan Daerah

 Kagama Sulsel Harus Kuatkan Kolaborasi Demi Kemajuan Daerah
Pelantikan pengurus daerah Kagama Sulsel.(Dok Kagama)

SEKRETARIS Jenderal Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama), AAGN Ari Dwipayana, mendorong Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Provinsi Sulawesi Selatan untuk berperan aktif dalam kemajuan daerah.

Caranya dengan mengembangkan program-program unggulan yang membumi dan bermanfaat nyata bagi masyarakat. Ari juga meminta agar Pengda Kagama Sulsel memberikan perhatian khusus pada Kagama muda untuk terlibat dalam kegiatan Kagama. Hal itu dianggap sebagai langkah penting dalam proses kaderisasi dan regenerasi.

Ari Dwipayana menyampaikan pesan tersebut dalam upacara pelantikan Pengurus Daerah Kagama Sulawesi Selatan Periode 2022-2027, di Kota Makassar, Sabtu (21/10). Koordinator Staf Khusus Presiden ini menekankan tiga prinsip utama yang menjadi spirit penting Kagama.

Pertama, Ari menyoroti kolaborasi sebagai prinsip dasar Kagama. Kolaborasi tidak hanya terjadi di antara anggota Kagama, tetapi juga dengan semua elemen di luar Kagama. Kagama adalah sebuah keluarga yang mengutamakan semangat gotong royong dan persaudaraan. Persaudaraan dan semangat sebagai keluarga menjadi kunci untuk membangun kolaborasi yang efektif.

"Kagama adalah keluarga, dan dalam keluarga terpancar semangat gotong royong dan persaudaraan. Nilai persaudaraan dan semangat sebagai keluarga menjadi spirit untuk membangun kolaborasi. Sebab tidak mungkin kita bisa berkolaborasi kalau kita tidak guyub, tidak rukun, tidak melakukan konsolidasi satu sama lain," kata Ari.

Kedua, menurut Ari, selain kolaborasi, adalah memperkuat kontribusi. Ia memberi ilustrasi Kagama sebagai pohon yang setelah tumbuh tinggi, berdaun, berbunga, dan berbuah lebat, harus mampu berkontribusi bagi sekitarnya.

Yang terakhir adalah konektivitas atau jejaring. Menurut Ari berjejaring dalam era digital dan global ini sangat penting. Kagama tidak bisa melakukan semua hal sendirian. Untuk itu butuh bekerja sama dengan alumni perguruan tinggi lain di Sulsel. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat