visitaaponce.com

Paskibraka Disiapkan Disiapkan Menjadi Duta Pancasila

Paskibraka Disiapkan Disiapkan Menjadi Duta Pancasila
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kachina Ozora mencium bendera Merah Putih.(ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY )

WAKIL Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina mengatakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan disiapkan menjadi duta Pancasila yang menularkan ideologi Pancasila kepada masyarakat serta merawat ketahanan bangsa Indonesia.

"Program Paskibraka yang akan ditingkatkan sebagai duta Pancasila dengan begitu mengarus utamakan Pancasila," kata Rima, Selasa (19/12).

Sehingga peran Paskibraka tidak hanya disiapkan sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera Pusaka pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia saja, tetapi juga merupakan program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Baca juga: Paskibra KBRI Doha Libatkan Anak Berkebutuhan Khusus

"Paskibraka digembleng dan dididik untuk menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan yang berjiwa Pancasila. Saat ini jumlah Paskibraka yang sudah mengikuti pemimpin bangsa di Pancasila sebanyak 12.865 orang dari seluruh Indonesia," kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Jumlah ini akan terus bertambah. Setelah bertugas, para anggota Paskibraka juga kita berdayakan untuk menjadi role model insan Pancasilais sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Baca juga: Kisah Lilly Wenda, Tetap Tenang Meski dengan Sepatu Sebelah

"Mereka akan menjadi teladan dalam implementasi nilai Pancasila dimanapun mereka berada," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat