visitaaponce.com

Cek BPJS Kesehatan, JKN Bisa Digunakaan di Faskes Tujuan Mudik

Cek BPJS Kesehatan, JKN Bisa Digunakaan di Faskes Tujuan Mudik
Petugas membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan kepada warga Suku Badui di Binong Raya, Lebak, Banten, Selasa (26/9/2023).(ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas)

DIREKTUR Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan yang mempermudah pelayanan JKN termasuk di masa lebaran.

"Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi," kata Lily di Jakarta, Rabu (20/3).

Peserta JKN dapat langsung menghubungi call center BPJS Kesehatan melalui Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Lily juga menambahkan bahwa peserta JKN juga dapat mengakses melalui aplikasi BPJS Kesehatan yakni Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Baca juga : Harus Tahu! Jalan Alternatif Menuju Jakarta Saat One Way Mudik Lebaran

"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," ucap Lily.

Lily mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," kata Lily.

Baca juga : Jasa Marga Antisipatif Hadapi Mudik 2024

Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengapresiasi pelayanan BPJS Kesehatan tetap melayani di masa lebaran.

"Pelayanan sudah baik dengan arti mendekatkan pelayanan meski dalam keadaan sulit sehingga ada rileksasi karena intisari mendekatkan kepda peserta. Itu harus dilakukan karena mobilitas sangat banyak karena diprediksi 193 juta pergerakan secara nasional jadi ada kenaikan 60 persen dari tahun sebelumnya, ini kondisi anomali dengan jumlah yang masif," ungkap Tulus.

Tingginya pemudik di masa lebaran nanti harus diantisipasi oleh stakeholder termasuk BPJS Kesehatan. Pemudik di Jabodetabek juga mencapai 28,4 juta orang sehingga potensi orang tidak sehat hingga kelelahan sangat besar.

"Jadi kemudahan BPJS Kesehatan maka sangat baik bagi peserta meski sangat baik. Harapannya memang mau mudik pastikan kendaraannya sehat dan dalam hal JKN maka pastikan saat mudik masih aktif dan tidak ada tunggakan. Jadi kita berharap dalam proses ini memang semua aman-aman saja tetapi di tengah jumlah pemudik yang besar maka potensi terjadinya orang sakit dan kecelakaan maka sangat besar," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat