visitaaponce.com

6 Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol Tinggi

6 Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol Tinggi
Ilustrasi, tabel jumlah koleterol.(Dok. Freepik)

KOLESTEROL adalah zat seperti lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel sehat. Tapi tahukah kamu? Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Untuk menurunkan kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, termasuk cara-cara sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri.

Untuk mencegah kondisi tersebut, penderita kolesterol tinggi disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga. Ini adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

1. Memperbanyak Asupan Serat

Makanan kaya serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga merupakan cara alami untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga : Jaga Kesehatan Jantung dalam Setiap Tahap Kehidupan

Serat membantu mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol darah. Asupan serat bisa berasal dari sumber alami seperti sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

2. Makan Lebih Sedikit Makanan Berlemak

Untuk menurunkan kolesterol, usahakan untuk mengurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung sejenis lemak yang disebut lemak jenuh. Anda boleh mengonsumsi makanan yang mengandung sejenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh dan periksa label makanan guna untuk mengetahui jenis lemak apa yang dikandungnya.

Selanjutnya, makan lebih banyak ikan berlemak seperti makarel dan salmon, nasi merah, roti gandum dan pasta, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran. Kemudian coba untuk mengurangi asupan pai daging, sosis, daging berlemak, mentega, lemak babi, krim, keju keras seperti keju cheddar, kue, dan biskuit.

Baca juga : Hindari kolesterol, Konsumsi Omega-3 dengan Vitamin E untuk Kesehatan Jantung

3. Berolahraga Lebih Banyak

Usahakan berolahraga minimal 150 menit (2,5 jam) per minggu. Untuk memulainya, cobalah berjalan cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung Anda, berenang, atau bersepeda. Anda juga bisa mencoba beberapa latihan berbeda untuk menemukan sesuatu yang Anda sukai. Dengan begitu, jika Anda menikmatinya, kemungkinan besar Anda akan terus melakukannya.

4. Pertahankan Berat Badan Ideal

Bahkan penambahan berat badan dalam jumlah kecil pun dapat meningkatkan kadar kolesterol. Untungnya, kelebihan berat badan bukan berarti Anda harus kehilangan segalanya.

Menurut Koalisi Aksi Obesitas, kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan saja dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol secara signifikan. Anda menambah atau mengurangi berat badan tergantung pada apakah Anda mengonsumsi lebih banyak atau lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar setiap hari.

Baca juga : Diagnosis dan Prosedur Tepat Maksimalkan Kulitas Hidup Pasien Jantung

5. Mengganti Minyak

Cara selanjutnya, Anda tidak perlu menghilangkan lemak sepenuhnya dari makanan. Sebaliknya, beralihlah ke lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Daripada menggunakan mentega atau mayones pada roti, Anda bisa mencoba gunakan minyak zaitun. Minyak kacang tanah, alpukat, dan canola adalah pilihan yang baik untuk memasak.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh kurang dari 5 hingga 6 persen dari asupan kalori harian.

Baca juga : Ini Daftar Sayuran yang Menunjang Kesehatan Kardiovaskular

6. Mengelola Stres

Cara menurunkan kolesterol yang terakhir adalah dengan mengelola stres. Mengalami kondisi stres dalam waktu yang lama dapat membawa dampak negatif pada tubuh, termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengelola stres bisa menghindari terkenanya kolesterol sekaligus membuat nyaman kehidupan.

Dalam mengelola stres ini, Anda dapat mengikuti program yoga, meditasi untuk menenangkan pikiran, dan jika diperlukan bisa melakukan konsultasi dengan psikolog.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat