visitaaponce.com

Sirkus Formosa Taiwan Pukau Penonton di Jakarta

 Sirkus Formosa Taiwan Pukau Penonton di Jakarta
Pemain Sirkus Formosa Taiwan (FOCA) beraksi saat pertunjukan di Jakarta, Kamis (27/6/2019).(ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.)

TAIWAN yang merupakan sebuah negara yang luasnya tidak lebih dari 36 ribu meter persegi ternyata memiliki budaya dan suku yang beragam. Sebuah grup sirkus yang menamakan diri Formosa Circus Art asal Taiwan memperkenalkan beragam suku dan budaya Taiwan lewat pertunjukan sirkus di Jakarta.

Sirkus Formosa Taiwan (FOCA) mengadakan pertunjukan sirkus akrobatik yang menarik di Jakarta pada 25-27 Juni 2019, selain pertunjukan FOCA juga melakukan kerja sama pertukaran kebudayaan dengan pihak Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Sejak program Kebijakan Baru ke Arah Selatan dicanangkan, kerja sama antara Indonesia dan Taiwan di bidang pertukaran kebudayaan menjadi hal yang sangat penting," jelas Representative Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia.

Formosa ialah nama lain dari Taiwan. Sirkus Formosa (FOCA) merupakan representasi dari keberagaman budaya dan suku di Taiwan, wujud kolaborasi dari kebudayaan tradisional, kebudayaan lokal, kebudayaan jalanan dan seni pertunjukan yang menampilkan sirkus modern dengan ciri khas Taiwan.

Tema pertunjukan yang berjudul Heart of Asia ini memadukan unsur lokal dan Barat yang inovatif, yang diselingi nyanyian dan tarian dari suku Minnan, Hakka, serta Aborigin, merupakan wujud keharmonisan pluralisme Taiwan.

Pertunjukan yang menghadirkan keragaman budaya dari kelompok etnik Taiwan memadukan unsur Timur dan Barat, tradisi, dan inovasi sehingga teman-teman dari Indonesia dan internasional dapat melihat keindahan seni pertunjukan Taiwan.

Pertunjukan FOCA kali ini diadakan di Balai Kartini Nusa Indah Theater (NIT) pada 27 Juni dan mengundang lebih dari 1.000 penonton dari berbagai kalangan. Selain mengadakan pertunjukan di NIT, rombongan FOCA pada 26 Juni juga mengadakan pertukaran budaya dengan sanggar guru tari tradisional di Taman Mini Indonesia Indah.

Selama kunjungan di TMII, rombongan FOCA memperagakan gerakan akrobatik di hadapan penari Sanggar TMII dan mempelajari tarian tradisional Indonesi untuk menambah pemahaman dan persahabatan kedua pihak. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Triwinarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat