visitaaponce.com

Kanada Batasi Perjalanan Orang dengan Gejala Covid-19

Kanada Batasi Perjalanan Orang dengan Gejala Covid-19
Sebuah tanda di teater Princess of Wales di Toronto, Ontario mendesak warga untuk sering mencuci tangan selama wabah Covid-19.(AFP)

KANADA tidak akan mengizinkan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit Covid-19 menggunakan penerbangan domestik atau kereta penumpang antar kota. Demikian yang diungkapkan Perdana Menteri Justin Trudeau, Sabtu (28/3).

Langkah itu merupakan pembatasan perjalanan terbaru yang bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah korona. Pemerintah Trudeau telah lama mendesak warga Kanada yang merasa sakit untuk tinggal di rumah.

Baca juga: Jenderal Gembong Narkoba dari Venezuela Diserahkan ke AS

Namun, hal ini tidak menjamin bahwa orang yang sakit tidak akan menggunakan penerbangan domestik atau kereta penumpang antar kota sebab seringkali orang yang terjangkit Covid-19 tidak memunculkan gejala. Demikian disampaikan Howard Njoo, Wakil Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Kanada, dalam konferensi pers terpisah.

Pembatasan perjalanan domestik Kanada akan mulai berlaku pada hari Senin siang waktu setempat.

Ditanya bagaimana penyaringan penumpang akan berubah, Trudeau mengatakan, pemerintah memberikan alat baru untuk maskapai dan kereta api. Staf perusahaan penerbangan dan perusahaan kereta api akan menanyakan pertanyaan kesehatan kepada penumpang dan mencari gejala yang terlihat.

Kanada telah mengkonfirmasi 5.153 kasus corona, dan 55 kematian. Sementara, di British Columbia, provinsi Pantai Pasifik di mana penularan komunitas pertama kali dilaporkan, tampaknya melambat, kata Pejabat Kepala Kesehatan Masyarakat Theresa Tam. "Ada tanda-tanda harapan," katanya kepada wartawan di Ottawa.

Namun, di Provinsi Quebec, jumlah kasus melonjak 24% pada kemarin menjadi hampir 2.500, lebih dari dua kali lipat provinsi lain. Empat kematian tambahan menjadikan total kematian di Quebec mencapai 22.(Ant/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat