visitaaponce.com

Janet Yellen, Menteri Keuangan Perempuan Pertama AS

Janet Yellen, Menteri Keuangan Perempuan Pertama AS
Menteri Keuangan AS Janet Yellen(AFP/Chandan KHANNA)

SENAT Amerika Serikat, Senin (25/1), mengonfirmasi Janet Yellen sebagai perempuan pertama yang menjadi menteri keuangan AS.

Yellen tidak asing dengan perannya sebagai pencetak sejarah. Dia sebelumnya menjadi perempuan pertama yang memimpin Federal Reserve, antara 2014 dan 2018.

Sebelumnya, Yellen menjabat sebagai anggota Dewan Penasehat Ekonomi Gedung Putih.

Baca juga: DPR AS Kirim Artikel Pemakzulan Trump ke Senat

Peran Yellen akan penting di pekan pertama pemerintahan baru AS karena dia akan menjadi negosiator utama antara pemerintahan Joe Biden dan Kongres AS dalam upaya menggelontorkan paket ekonomi untuk mengatasi krisis covid-19 sebesar US$1,9 triliun.

Yellen harus bisa menyakinkan anggota Kongres AS yang skeptis dengan manfaat dana itu terkait kekhawatiran meroketnya utang negara.

"Baik presiden terpilih maupun saya mengajukan paket ekonomi dengan tetap memperhitungkan beban utang negara," ujar Yellen kepada Komite Keuangan Senat dalam sidang konfirmasi penunjukkannya, pekan lalu.

"Namun, saat ini, saat suku bungan berada di level terendah sepanjang sejarah, hal tercerdas yang bisa kita lakukan adalah melakukan aksi besar," imbuhnya.

Pada Senin (25/1), Presiden AS Joe Biden mengatakan, meski dia menginginkan dukungan bipartisan untuk paket ekonomi itu, waktu sangat mendesak.

"Kita tidak melakukan investasi saat ini, kita akan kehilangan kesempatan terkait masalah tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat