visitaaponce.com

Yahya Sinwar Terpilih kembali sebagai Kepala Hamas di Gaza

Yahya Sinwar Terpilih kembali sebagai Kepala Hamas di Gaza
Yahya Sinwar.(AFP/Mahmud Hams.)

YAHYA Sinwar terpilih kembali pada Rabu (10/3) sebagai kepala sayap politik Hamas di Gaza. Ia memperpanjang masa jabatannya sebagai pemimpin de facto gerakan Islam di daerah kantong Palestina yang diblokade Israel.

Ketua Umum Hamas Ismail Haniyeh, yang saat ini berbasis di Qatar, memberi selamat kepada Sinwar. Menurutnya, pemilihan itu menandai kemenangan bagi kelompok Islam yang telah menguasai Gaza sejak 2007.

Sinwar, mantan komandan cabang militer Hamas, menjalani lebih dari dua dekade di penjara Israel sebelum dia dibebaskan pada 2011 sebagai bagian dari pertukaran tahanan.

Pertama kali terpilih untuk jabatan itu pada 2017, ia menghadapi empat penantang kali ini, termasuk Nizar Awadallah, mantan Ketua Dewan Syura sebagai penasihat Hamas.

Haniyeh menambahkan bahwa proses pemilihan internal gerakan yang mulus menunjukkan keseriusan Hamas menjelang pemilihan legislatif Palestina yang ditetapkan pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli. Ini merupakan pemungutan suara Palestina pertama dalam 15 tahun terakhir.

"Komitmen gerakan untuk pemilihan (internal) setiap empat tahun menegaskan keyakinan mendalam kami pada prinsip kekuasaan bergilir," kata Haniyeh.

Hamas akan menjadi pemain kunci dalam pemungutan suara Palestina, bersama dengan gerakan Fatah yang dipimpin oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas. Fatah mengontrol Tepi Barat yang diduduki Israel. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat