visitaaponce.com

AS Redakan Imbauan Perjalanan terkait Covid-19 untuk India-Pakistan

AS Redakan Imbauan Perjalanan terkait Covid-19 untuk India-Pakistan
Amerika Serikat(AFP)

DEPARTEMEN Luar Negeri AS, pada Selasa (20/7), telah menurunkan travel advisory atau imbauan perjalanan terkait covid-19 untuk India ke Level 3 atau mempertimbangkan kembali perjalanan.

Imbauan perjalanan untuk Pakistan, katanya, juga diringankan. Imbauan sebelumnya adalah Level 4 yang tertinggi atau jangan bepergian.

Kasus harian virus korona di India telah turun ke posisi terendah empat bulan setelah gelombang kedua yang melumpuhkan sistem kesehatan. Tetapi para ahli telah memperingatkan pihak berwenang agar tidak segera membuka kembali kota-kota dan menyuarakan kekhawatiran tentang kepadatan di lokasi wisata.

Keputusan itu tidak memengaruhi pembatasan perjalanan yang diberlakukan pada Mei yang melarang hampir semua warga negara non-AS memasuki Amerika Serikat yang telah berada di India dalam 14 hari terakhir.

Pembatasan perjalanan serupa diberlakukan untuk Afrika Selatan, Tiongkok, Iran, Brasil, Inggris, Irlandia, dan 26 negara di Eropa yang mengizinkan perjalanan melintasi perbatasan terbuka.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Covid-19 di India Capai 400 Ribu Orang

Penduduk tetap AS dan anggota keluarga serta beberapa warga negara non-AS lainnya, seperti pelajar, dikecualikan.

Gedung Putih, menurut sumber, tengah mengadakan putaran baru pertemuan tingkat tinggi pada pekan ini tentang pembatasan perjalanan. Tetapi, tidak memberikan indikasi bahwa pihaknya berencana untuk segera mencabut.

"Setiap keputusan tentang membuka kembali perjalanan akan dipandu oleh ahli kesehatan masyarakat dan medis kami. Kami menganggap ini sangat serius," kata Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki, Senin (19/7).

Hampir semua pelancong ke Amerika Serikat melalui jalur udara harus menunjukkan bukti hasil tes negatif untuk virus korona atau pemulihan dari covid-19.(CNA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat