visitaaponce.com

Kebakaran Hutan Rusak Ribuan Hektar Lahan di Bolivia

Kebakaran Hutan Rusak Ribuan Hektar Lahan di Bolivia
Kebakaran Hutan di Anglet, Prancis.(AFP/GAIZKA IROZ )

KEBAKARAN telah menghanguskan sekitar 150.000 hektar hutan dan padang rumput di dataran rendah Bolivia sepanjang tahun ini, dengan petugas pemadam kebakaran memerangi kobaran api yang tersebar sejak pekan lalu di Santa Cruz timur.

Kebakaran menyebar melalui komunitas di wilayah Amazon dan Chaco di Bolivia, yang merupakan bagian dari dua wilayah hutan transnasional terbesar di Amerika Latin di mana kerusakan sering disebabkan oleh pembukaan lahan untuk penggembalaan, penanaman, dan pemukiman manusia.

Baca juga: 21 Orang Tewas dan 4 Hilang akibat Hujan Lebat di Tiongkok Tengah

Wakil menteri pertahanan sipil, Juan Carlos Calvimontes mengatakan kebakaran hampir semuanya dimulai oleh manusia dan mereka yang ditemukan bertanggung jawab akan dipaksa untuk membayar biaya pemadaman.

"Asal mula kebakaran, hampir 90 persen, sedang terjadi, mereka tidak mulai dengan sendirinya," kata Calvimontes kepada televisi lokal.

Awak tentara, petugas pemadam kebakaran dan sukarelawan memadamkan kebakaran yang dimulai minggu lalu dan diperparah oleh angin kencang dan suhu terik yang sebagian besar terkendali dengan dukungan pesawat yang menjatuhkan air.

Sebuah laporan oleh Kementerian Pertahanan Sipil mengatakan titik api yang mengidentifikasi kebakaran aktif telah turun dari 800 menjadi 170 selama seminggu terakhir. Tidak ada kerusakan properti atau korban manusia yang dilaporkan, tambahnya.

Bolivia mencatat kebakaran hutan terburuk dalam sejarahnya pada 2019, ketika api menghancurkan lebih dari 6,4 juta hektar lahan pedesaan, menurut data dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Bolivia.

Tahun ini, kebakaran yang mendominasi di belahan bumi selatan musim dingin Mei hingga awal Agustus telah berkurang, dengan 156.799 hektar tercatat terbakar, dibandingkan dengan 404.527 hektar pada periode yang sama tahun 2020.

Saat ini, kawasan hutan yang panas dan semi-kering di Chiquitania, antara Amazon dan Chaco, adalah zona yang paling terpengaruh. Daerah ini adalah rumah bagi masyarakat adat serta keanekaragaman hayati dan satwa liar yang kaya, termasuk jaguar, caiman, dan ular.

"Hal yang menyedihkan adalah bahwa setiap kali beberapa pembakar membakar, itu menghancurkan alam, habitat di mana ribuan spesies makan dan hidup," kata Jerjes Suárez, seorang dokter hewan dari Roboré, salah satu kota yang terkena dampak, sambil mengangkat sebuah Chaco Tortoise yang nyaris lolos dari kobaran api. (Straitstimes/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat