visitaaponce.com

Presiden Tunisia Umumkan Rencana Amandemen Konstitusi

Presiden Tunisia Umumkan Rencana Amandemen Konstitusi
Kais Saied seorang akademisi di bidang hukum yang sudah pensiun memenangi Pilpres Tunisia digelar Minggu (13/10).(AFP )

PRESIDEN Tunisia Kais Saied telah mengumumkan rencana untuk mengamandemen konstitusi dan membentuk pemerintahan baru beberapa bulan setelah dia memecat perdana menteri dan menangguhkan parlemen dalam gerakan yang disebut pengkritiknya sebagai kudeta.

Saat berbicara kepada dua stasiun TV pada Sabtu, Saied mengatakan dia akan membentuk pemerintahan baru sesegera mungkin setelah memilih orang-orang yang paling berintegritas. Namun dia menolak memberikan batas waktu tertentu.

Baca juga: Menlu Australia Ingin Kerja Sama dengan Indonesia Soal Covid-19

Saied juga mengatakan perlu mengubah konstitusi. "Rakyat Tunisia menolak konstitusi tersebut," katanya. "Kami bisa memperkenalkan amandemen teks itu," katanya.

Ahli teori hukum dan mantan profesor hukum yang terpilih pada akhir 2019 itu telah menyebut dirinya sebagai penafsir utama konstitusi. Dia menggunakan kekuasaan itu pada 25 Juli untuk memecat perdana menteri, membekukan parlemen, dan mengambil alih semua kekuasaan eksekutif.

Perebutan kekuasaan itu terjadi di tengah pertikaian legislatif yang kronis yang telah melumpuhkan pemerintahan dan diikuti oleh gerakan anti-korupsi yang mencakup penahanan, larangan bepergian, dan tahanan rumah bagi para politisi, pengusaha, dan pejabat pengadilan.

Saied belum menunjuk pemerintahan baru atau mengungkapkan peta jalan menuju normalitas, meskipun ada tuntutan berulang oleh partai politik. Langkahnya telah dikritik oleh hakim dan lawannya, khususnya Partai Ennahdha, blok terbesar di parlemen

Awal bulan ini, para diplomat dari negara-negara G7 - Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan AS - meminta Saied untuk mengembalikan Tunisia ke "tatanan konstitusional". (AFP/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat