visitaaponce.com

Penjabat PM Rumania Gagal Bentuk Pemerintahan

Penjabat PM Rumania Gagal Bentuk Pemerintahan
Penjabat Perdana Menteri Rumania Nicolae Ciuca(AFP/Andrei PUNGOVSCHI )

RUMANIA, Senin (1/11), kembali dilanda krisis politik setelah Penjabat Perdana Menteri Nicolae Ciuca mengakui kegagalan untuk membentuk pemerintahan baru.

"Saya berharap bisa mendapatkan solusi politik. Namun, realitasnya tidak begitu," ujar Ciuca, yang ditunjuk sebagai penjabat perdana menteri, 10 hari yang lalu, oleh Presiden Klaus Iohannis.

Rumania dilanda krisis politik, awal Oktober lalu, ketika Perdana Menteri Florin Citu diganjar mosi tidak percaya oleh parlemen, beberapa pekan setelah sekutu koalisi keluar dari pemerintahannya setelah menuding Citu bersikap sebagai diktator.

Baca juga: Jokowi Ingin Kerja Sama di Sektor Ekonomi Hijau dengan Inggris

Iohannis sebelumnya memilih mantan komisioner pertantian Uni Eropa Dacian Ciolos untuk menggantikan Citu namun Ciolos gagal mendapatkan dukungan mayoritas dari parlemen.

Kini, nasib yang sama dialamai Ciuca, pensiunan jenderal bintang empat yang pernah bertugas di Irak dan Afghanistan dan baru berkecimpung di dunia politik pada tahun lalu sebagai anghota Partai Liberal Nasional (PNL).

Negosiasi baru antara PNL dan partai politik lain bisa berlanjut pada Selasa (2/11), jika Iohannis menginginkannya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat