visitaaponce.com

AS, Korea Selatan, dan Jepang Bertemu untuk Bahas soal Korea Utara

AS, Korea Selatan, dan Jepang Bertemu untuk Bahas soal Korea Utara
Ilustrasi(AFP)

PARA pejabat dari Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang bertemu di Seoul pada Jumat (3/6) untuk membicarakan tentanga Korea Utara di tengah tanda-tanda negara itu sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Perwakilan Khusus AS Sung Kim bertemu rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang, Kim Gunn dan Funakoshi Takehiro, setelah penilaian AS bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan situs uji coba Punggye-ri untuk apa yang akan menjadi uji coba nuklir ketujuhnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Pulang ke Indonesia, Pencarian Eril Tetap Dilanjutkan

"Kami sedang mempersiapkan semua kemungkinan dalam koordinasi yang erat dengan sekutu Jepang dan ROK (Korea Selatan) kami," kata Kim di awal pertemuan.

Tahun ini, Korea Utara telah menguji beberapa rudal balistik, termasuk yang dianggap sebagai rudal balistik antarbenua terbesarnya, yang melanggar sanksi PBB.

"Kami ingin menjelaskan kepada DPRK (Korea Utara) bahwa kegiatannya yang melanggar hukum dan mengganggu stabilitas memiliki konsekuensi dan bahwa masyarakat internasional tidak akan menerima tindakan ini sebagai hal biasa," kata utusan AS.

Utusan nuklir Korea Selatan yang baru diangkat, Kim Gunn, mengatakan pengejaran tanpa henti Korea Utara terhadap senjata nuklir hanya akan memperkuat pencegahan mereka.

"Jalan yang sedang ditempuh Pyongyang saat ini hanya memiliki satu tujuan yang tak terelakkan: Mengurangi keamanan untuk Korea Utara sendiri," kata diplomat Korea Selatan itu.

Pekan lalu, Amerika Serikat menyerukan lebih banyak sanksi PBB terhadap Korea Utara atas peluncuran rudal balistiknya, tetapi Tiongkok dan Rusia memvetonya.

Sementara itu, Funakoshi menekankan perlunya koordinasi. Dia pun berjanji akan meningkatkan pencegahan regional, termasuk kerja sama keamanan trilateral.

Para pejabat mengatakan pintu untuk dialog terbuka dan menyatakan keprihatinan atas situasi covid-19 di Korea Utara. (CNA/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat