visitaaponce.com

Disanksi Tiongkok, Taiwan Merapat ke AS

Disanksi Tiongkok, Taiwan Merapat ke AS
Gedung Istana Kepresidenan Taiwan yang berlokasi di Taipei.(AFP )

Amerika Serikat (AS) dan Taiwan mengumumkan peningkatan kerja sama perdagangan. Kesepakatan itu terjadi setelah Tiongkok menjatuhkan sanksi ekspor-impor terhadap Taipei.

"Kami berencana untuk mengejar jadwal ambisius untuk mencapai komitmen berstandar tinggi dan hasil yang berarti yang mencakup sebelas bidang perdagangan dalam mandat negosiasi. Itu akan membantu membangun ekonomi abad ke-21 yang lebih adil, lebih sejahtera, dan tangguh,” kata Deputi Perwakilan Dagang AS, Sarah Bianchi.

Ia mengatakan Washington dan Taipei telah menyepakati setuju untuk bergerak maju dengan Inisiatif AS-Taiwan pada Perdagangan Abad ke-21. Tujuannya untuk meningkatkan perdagangan dan memajukan standar umum di berbagai bidang seperti kebijakan anti-korupsi dan peraturan lingkungan.

Menurut dia kedua belah pihak telah mencapai konsensus tentang mandat untuk negosiasi. Proses pembicaraan diperkirakan akan berlangsung dalam dua hingga tiga bulan ke depan.

Pengumuman itu muncul setelah Presiden AS, Joe Biden, memilih untuk mengecualikan pulau demokrasi itu dari Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF). Inisiatif ekonomi yang berfokus pada Asia secara luas dipandang bertujuan untuk melawan pengaruh Tiongkok yang tumbuh sebagai kekuatan militer yang meningkat dan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar dari sebagian besar negara di kawasan Asia, termasuk Taiwan. Pembicaraan perdagangan ini akan ditanggapi secara negatif oleh Tiongkok.

Sebelumnya Tiongkok melancarkan respons serupa kepada Taiwan dan AS setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi menginjakan kaki di Taipei. Beijing memberikan sanksi kepada Taipei dan menggelar latihan militer besar-besaran. (Aljazeera/OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat