visitaaponce.com

Lagi, Senator AS Berkunjung ke Taiwan

Lagi, Senator AS Berkunjung ke Taiwan
Senator AS Marsha Blackburn (kiri) disambut seorang pejabat Kemenlu Taiwan saat mendarat di Taipei, Taiwan.(AFP/Taiwan's Ministry of Foreign Affairs (MOFA))

SENATOR Amerika Serikat (AS) Marsha Blackburn mendarat di Taiwan, Kamis (25/8) malam, politisi AS keempat yang berkunjung ke pulau itu.

Kunjungan Blackburn bisa dipastikan akan menyebabkan reaksi keras dari Beijing, yang menggelar latihan militer besar-besaran menanggapi kunjungan politisi AS sebelumnya.

Ketegangan antara AS dan Tiongkok mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade sejak Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan, yang memicu Beijing memamerkan kekuatan militer mereka di sekeliling pulau itu pada awal bulan ini.

Baca juga: Kunjungan AS ke Taiwan, Tingkatkan Ketegangan Global

Blackburn, senator Partai Republik asal Tennessee, mendarat di Bandara Songshan, Taipei menggunakan pesawat milik pemerintah AS sebelum tengah malam.

"Saya baru saja mendarat di Taiwan untuk mengirimkan pesan kepada Beijing bahwa kami tidak bisa dirundung," cicit Blackburn.

"Amerika Serikat  tetap bertekad membela kebebasan di seluruh penjuru dunia dan tidak akan menoleransi upaya untuk melecehkan negara kami dan sekutu kami," lanjutnya.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Blackburn mengaku tidak sabar bertemu dengan para pemimpin Taipei untuk mempererat hubungan kedua pihak.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengaku sangat berterima kasih kepada Kongres AS karena sekali lagi memperlihatkan dukungan dan komitmen terhadap Taiwan saat Tiongkok terus meningkatkan ancaman mereka."

Beijing memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayah mereka dan berjanji akan merebut wilayah itu di masa depan, dengan kekuatan jika perlu.

Tiongkok menanggapi dengan keras aksi diplomatik yang dipandang mengakui kedaulatan Taiwan dan marah jika pejabat negara Barat berkunjung ke pulau itu.

Pelosi menjadi pejabat tertinggi AS yang berkunjung ke Taiwan dalam tempo satu dekade.

Selama sepekan setelah kunjungan Pelosi, Tiongkok mengirimkan kapal tempur, rudal dan jet ke perairan dan wilayah udara Taiwan dalam latihan militer terbesar sejak 1990-an.

Taiwan menuding Beijing menggunakan kunjungan Pelosi sebagai alasan untuk memulai latihan yang akan berujung pada invasi. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat