visitaaponce.com

Pemerintah Pakistan Minta Bantuan Internasional Atasi Darurat Banjir

Pemerintah Pakistan Minta Bantuan Internasional Atasi Darurat Banjir
Korban banjir Pakistan(AFP)

Pemerintah Pakistan telah meminta bantuan internasional untuk mengatasi keadaan darurat banjir yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan mengancam akan meninggalkan sepertiga dari negara itu di bawah air.

Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto-Zardari mengatakan bahwa banjir yang disebabkan oleh curah hujan musiman yang ekstrem selama berminggu-minggu dan gletser yang mencair akan memperburuk situasi ekonomi Pakistan yang sudah mengerikan dan bahwa bantuan keuangan diperlukan.

“Ke depan, saya berharap tidak hanya Dana Moneter Internasional, tetapi komunitas internasional dan lembaga internasional untuk benar-benar memahami tingkat kehancuran,” katanya.

"Saya belum pernah melihat kehancuran skala ini, saya merasa sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata itu luar biasa," katanya.

"Banyak tanaman yang menyediakan banyak mata pencaharian penduduk telah musnah," tambahnya.

“Jelas ini akan berdampak pada situasi ekonomi secara keseluruhan,” katanya.

Negara Asia selatan menghadapi inflasi yang tinggi, mata uang yang terdepresiasi dan defisit transaksi berjalan, dan Bhutto-Zardari mengatakan dia berharap darurat banjir akan membujuk dewan IMF minggu ini untuk melepaskan US$1,2 miliar sebagai bagian dari tahap ketujuh dan kedelapan dari bailout Pakistan. program.

Bantuan asing pertama mulai mengalir ke Pakistan pada hari Senin dalam penerbangan dari Turki dan UEA – awal dari operasi bantuan besar-besaran untuk meringankan bencana yang telah mempengaruhi sekitar 33 juta orang dan membuat sebagian besar negara itu terendam.

Sedikitnya 1.061 orang kini tewas dalam banjir bandang dan jumlah itu akan terus bertambah, dengan banyak komunitas di wilayah utara pegunungan terputus oleh sungai yang meluap akibat banjir yang menghanyutkan jalan dan jembatan.

Helikopter tentara berjuang untuk membawa orang ke tempat yang aman di utara, di mana bukit dan lembah curam membuat kondisi terbang berbahaya.

Banyak sungai di daerah itu – tujuan wisata yang indah – meluap, menghancurkan sejumlah bangunan, termasuk hotel dengan 150 kamar yang ambruk menjadi arus deras.

Itu terjadi ketika menteri iklim negara itu memperingatkan bahwa sepertiga dari Pakistan bisa berada di bawah air pada saat "monster monsun" tahun ini surut.

Seorang senator Pakistan, dan menteri federal untuk perubahan iklim, Sherry Rehman, mengatakan pada hari Minggu bahwa negara itu berada di garis depan dari peristiwa cuaca ekstrem.

“Kita bisa saja memiliki seperempat atau sepertiga Pakistan di bawah air,” katanya, seraya menambahkan bahwa negara itu sedang mengalami bencana iklim yang serius, salah satu yang paling sulit dalam dekade ini.

“Kami saat ini berada di titik nol dari garis depan peristiwa cuaca ekstrem, dalam gelombang gelombang panas yang tak henti-hentinya, kebakaran hutan, banjir bandang, beberapa ledakan danau glasial, peristiwa banjir, dan sekarang monsun monster dekade ini sedang melanda tanpa henti. hentikan kekacauan di seluruh negeri,” katanya.

Rehman mengatakan pada hari Minggu bahwa iklim pemanasan menyebabkan gletser di daerah pegunungan utara mencair lebih cepat dari biasanya, memperburuk dampak hujan lebat. Pakistan memiliki lebih banyak gletser – 7.532 – daripada di mana pun di luar wilayah kutub.

Kondisi Itu membuat Pakistan menjadi salah satu negara yang paling terkena dampak cuaca ekstrem terkait perubahan iklim, kata Simon Bradshaw dari Dewan Iklim Australia, dan menderita serangkaian bencana cuaca seperti kekeringan dan banjir.

Cuaca ekstrem, yang juga mempengaruhi Tiongkok, Eropa dan AS di musim panas belahan bumi utara, menjadi lebih sulit diprediksi karena atmosfer yang memanas menghasilkan lebih banyak peristiwa yang tidak stabil.

"Penting bagi negara-negara maju untuk berbuat lebih banyak untuk mengurangi ketergantungan mereka pada bahan bakar fosil," kata Bradshaw.

“Biasanya, negara-negara yang berkontribusi paling sedikit terhadap masalah pemanasan seperti Pakistan adalah negara-negara yang membayar harga terbesar dalam hal bencana cuaca,”

Banjir dari sungai Swat selama akhir pekan mempengaruhi provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut, di mana puluhan ribu orang terutama di distrik Charsadda dan Nowshehra telah dievakuasi dari rumah mereka ke kamp-kamp bantuan yang didirikan di gedung-gedung pemerintah. Banyak juga yang berlindung di pinggir jalan, kata Kamran Bangash, juru bicara pemerintah provinsi.

Bangash mengatakan 180.000 orang telah dievakuasi dari Charsadda, dan 150.000 dari desa distrik Nowshehra.

Musim hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya telah mempengaruhi keempat provinsi di negara itu. Hampir 300.000 rumah telah hancur, banyak jalan tidak dapat dilalui dan pemadaman listrik telah meluas, mempengaruhi lebih dari 33 juta orang – satu dari tujuh orang Pakistan.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, memohon bantuan dalam kunjungannya ke provinsi Balochistan yang dilanda parah.

“Saya belum pernah melihat banjir seperti itu dalam kehidupan pribadi dan profesional saya. Keempat sudut Pakistan berada di bawah air. Saya meminta orang-orang untuk maju dan membantu,” ujarnya.

Sharif diberi pengarahan selama kunjungannya ke distrik Jaffarabad di Balochistan bahwa setidaknya 75% dari provinsi, Pakistan paling tidak berkembang tetapi yang menyumbang setengah dari luas daratannya, sekitar 350.000 km persegi (135.000 mil persegi), terkena dampak banjir. Secara keseluruhan, Pakistan mencakup hampir 800.000 km persegi.

Pemerintah telah mengerahkan tentara untuk membantu otoritas sipil dalam operasi penyelamatan dan bantuan di seluruh negeri. Tentara Pakistan juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menerbangkan 22 turis yang terperangkap di sebuah lembah di utara ke tempat yang aman. (Theguardian/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat