visitaaponce.com

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia
Paus Emeritus Benediktus XVI(Gabriel BOUYS / AFP)

MANTAN Paus Benediktus XVI telah meninggal pada usia 95 tahun. Vatikan mengumumkan pada Sabtu (31/12). Hampir satu dekade setelah dia menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam enam abad.

"Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata Juru Bicara Vatikan Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan.

Benediktus hampir sepenuhnya menarik diri dari pandangan publik, kesehatannya dilaporkan goyah dan beberapa foto yang muncul menunjukkan kelemahannya. Pada 2013, dia mengutip kesehatan fisik dan mentalnya yang menurun dalam keputusannya untuk menjadi paus pertama sejak 1415 yang melepaskan pekerjaan sebagai kepala gereja Katolik sedunia.

Benediktus adalah seorang teolog yang brilian tetapi kepausannya dilanda oleh pertikaian di Vatikan dan skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak yang mengguncang Gereja Katolik di seluruh dunia, di mana dia dikritik karena kurangnya kepemimpinan.

Baca juga: Putin Ucapkan Pesan Tahun Baru untuk Negara-Negara Sahabatnya

Skandal pelecehan membayangi bulan-bulan terakhirnya setelah laporan yang memberatkan untuk gereja Jerman pada Januari 2022 menuduhnya secara pribadi gagal menghentikan empat pendeta predator pada 1980-an saat menjadi uskup agung Munich.

Dia membantah melakukan kesalahan dan Vatikan sangat membela catatannya sebagai paus pertama yang meminta maaf atas skandal tersebut, yang mengungkapkan penyesalannya yang mendalam dan bertemu dengan para korban.

Lahir pada 16 April 1927, di Marktl am Inn, di Bavaria, Benediktus berusia 78 tahun ketika ia menggantikan Yohanes Paulus II yang telah lama memerintah dan populer pada April 2005, paus Jerman pertama di era modern. (Aljazeera/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat