visitaaponce.com

Prancis Tes Pendatang Tiongkok untuk Melacak Varian Covid-19

Prancis Tes Pendatang Tiongkok untuk Melacak Varian Covid-19
Ilustrasi(AFP)

Prancis pada Minggu (1/1) mulai menguji penumpang yang datang dari Tiongkok untuk melacak potensi varian Covid-19, kata Menteri Kesehatan Francois Braun.

"Kontrol saat kedatangan ini bukan kontrol untuk mencegah warga memasuki wilayah kami, tetapi kontrol yang lebih ilmiah yang memungkinkan kami dengan sangat tepat memeriksa varian yang berbeda," kata Braun di bandara Charles de Gaulle di utara Paris.

"Ini pada dasarnya adalah varian Omikron yang saat ini ada di Tiongkok," kata Braun, dia menambahkan akan ada diskusi di tingkat Eropa dalam seminggu untuk menyelaraskan model pengujian ini.

Mulai hari Minggu, pengunjung dari Tiongkok harus memakai masker dan bersiap untuk mengikuti tes pada saat kedatangan, yang akan dilakukan secara acak.

Kemudian mulai hari Kamis, para pelancong juga harus menunjukkan tes PCR atau antigen negatif yang dilakukan kurang dari 48 jam sebelum penerbangan mereka.

Prancis bergabung dengan negara-negara lain termasuk Inggris, Italia, dan Amerika Serikat dalam menguji kedatangan dari Tiongkok, empat minggu setelah Beijing membatalkan kebijakan penguncian dan pengujian massal nol-covid.

Namun, tiga tahun setelah virus corona pertama kali muncul di kota Wuhan, negara tersebut mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Gelombang infeksi membanjiri rumah sakit dan krematorium, terutama dengan pasien yang lebih tua dan sakit, banyak di antaranya belum divaksinasi sepenuhnya.

Ada juga pertanyaan tentang keakuratan pelaporan data kasus Tiongkok.

Delegasi menteri Prancis untuk transportasi, Clement Beaune, mengatakan saat ini ada enam penerbangan ke Prancis per minggu dari Tiongkok daratan dan empat dari Hong Kong.

Sebagian besar penumpang dari Tiongkok ke Prancis hanya transit melalui Charles de Gaulle.

Dari 300 penumpang yang turun dari penerbangan ke ibu kota Prancis hari Minggu sekitar 60 memasuki negara itu, dan semuanya mengikuti tes PCR.

Pejabat Prancis di bandara juga mengambil rincian mereka jika ada tes positif, yang membutuhkan isolasi tujuh hari. (AFP/OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat