visitaaponce.com

Lebih dari 50 Paus Pilot Terdampar dan Mati di Skotlandia

Lebih dari 50 Paus Pilot Terdampar dan Mati di Skotlandia
Hanya satu dari 55 paus pilot yang selamat setelah terdampar di Pulau Lewis, Skotlandia.(British Diver Marine Life Rescue)

SEBANYAK 55 ekor paus pilot terdampar di Pulau Lewis, di Skotlandia, pada Minggu (16/7). Hanya satu ekor di antaranya yang dapat diselamatkan dan kembali ke laut.

Terdapat 15 ekor yang masih bernyawa, kata Badan amal British Divers Marine Life Rescue (BDMLR). Tetapi hanya satu yang bugar dan berhasil kembali ke laut, sisanya dinyatakan tewas.

"Sebanyak 14 ekor paus masih hidup, namun sulit diselamatkan diputuskan disuntik mati. Dengan demikian 54 ekor ikan jenis ini dinyatakan tewas," ungkap BDMLR.

Baca juga: Keracunan Racun pada Hewan Laut Menghantui Sukarelawan California

Penyebab terdampar tidak diketahui tetapi diketahui. Tetapi organisasi ini menilai penyebab awal rombongan paus ini terdampar, karena mengikuti salah satu betina.

“Salah satu paus yang mati tampaknya mengalami prolaps vagina, sehingga saat ini diduga bahwa seluruh paus ini terdampar karena salah satu betina melahirkan. Paus pilot terkenal karena ikatan sosialnya yang kuat, sehingga sering kali ketika satu paus mendapat kesulitan dan terdampar, sisanya mengikuti," papar BDMLR.

Baca juga: Rumah Sakit di Meksiko Gunakan Binatang Sebagai Terapi Masalah Kesehatan Mental

Penjaga pantai, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Skotlandia, dan Scottish Marine Animal Stranding Scheme (SMASS) juga berada di tempat kejadian. BDMLR menambahkan pada Minggu (16/7), sekitar pukul 15.30 waktu setempat, dokter hewan setempat bersama dengan penjaga pantai, pemadam kebakaran dan penyelamatan, dan dokter hewan forensik menyampaikan kedalaman laut yang dangkal dan gelombang yang kuat menjadi faktor berbahaya untuk melepaskan kembali paus yang tersisa. (The Guardian/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat