visitaaponce.com

Menlu Tiongkok Dicopot

Menlu Tiongkok Dicopot
Menteri Luar Negeri Tiongkok Qin Gang(AFP/THOMAS PETER)

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Qin Gang dicopot, Selasa (25/7), setelah menghilang dari muka publik selama sebulan tanpa penjelasan lebih lanjut dari Partai Komunis.

Absennya Qin memicu spekulasi bahwa pria berusia 57 tahun itu, yang dipandang sebagai orang kepercayaan Presiden Xi Jinping, mulai tersingkir atau tengah diselidiki dalam sebuah kasus.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok, sebelumnya, mengatakan masalah kesehatan menjadi alasan pencopotan Qin namun menolak memberi penjelasan lebih lanjut.

Baca juga: Ancaman Perang Dunia III dari Laut China Selatan

Kantor berita Tiongkok Xinhua, Selasa (25/7) malam, mengatakan DPR 'Negeri Tirai Bambu' itu memutuskan untuk mencopot Qin dan menggantinya dengan Wang Yi.

Xinhua tidak menjelaskan alasan pencopotan Qin namun memastikan Xi telah menandatangani perintan presiden untuk hal itu.

Dihujani pertanyaan mengenai Qin, Selasa (25/7), juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning menegaskan dirinya tidak bisa memberikan informasi apa pun namun menegaskan aktivitas diplomatik Tiongkok berjalan seperti biasa.

Baca juga: Temui Xi Jinping, Jokowi Harus Tekankan Ini

Tiongkok telah tutup mulut mengenai nasib Qin, yang sudah tidak terlihat di muka publik sejak 25 Juni, ketika di bertemu Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko di Beijing.

Absennya Qin di KTT ASEAN di Indonesia, dua pekan kemudian, juga memicu tanda tanya. Kala itu, Tiongkok menyebut masalah kesehatan jadi alasan absennya Qin.

Namun, hal itu tidak meredakan rumor di dunia maya, salah satunya adalah Qin tengah diselidiki terkait skandal hubungan asmaranya dengan seorang pembawa acara televisi. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat