visitaaponce.com

Bertolak ke Benua Afrika, Jokowi akan Bawa Spirit Solidaritas dengan Negara-Negara Global South

Bertolak ke Benua Afrika, Jokowi akan Bawa Spirit Solidaritas dengan Negara-Negara Global South
Presiden bertolak ke Afrika(BPMI)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi bertolak dengan rombongan terbatas ke benua Afrika. Salah satu agenda presiden selama di sana adalah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Brazil, Russia, India, China, and South Africa (BRICS).

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan menuju Afrika, kami akan berkunjung ke 4 negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Bandar Udara (Bandara) Kualanamu, Sumatera Utara seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/8). Presiden dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Jumat (25/8).

Jokowi menuturkan ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai presiden ke kawasan Afrika. Indonesia dan Afrika, ujarnya, memiliki hubungan historis yang panjang. Indonesia adalah penggagas sekaligus tuan rumah dari Konferensi Asia-Afrika yang digelar di Bandung pada 1955. 

Baca juga : Jokowi Disebut Sukses Menginspirasi Afrika

Di samping itu, imbuh presiden, Indonesia juga berperan penting melahirkan gerakan non-blok saat itu. Ia berujar bahwa semangat itu yang akan dibawa untuk memperkokoh solidaritas antarnegara global south atau negara-negara yang ada di selatan bumi.

"Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dalam memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara global south," terang presiden.

Presiden juga menyampaikan Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besar mereka di Jakarta pada 2022. Langkah itu dipandang sebagai komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Sedangkan Mozambik, terang presiden, adalah negara Afrika pertama memiliki prefential trade agreement (PTA) dengan Indonesia. PTA merupakan perjanjian kerja sama antarnegara untuk memberikan akses prefensial terhadap produk tertentu dari negara peserta. Setelah itu, presiden akan mengakhiri kunjungannya di Afrika Selatan untuk hadir dalam KTT BRICS.

"Indonesia diundang dalam KTT BRICS dan di sela-sela KTT BRICS, akan dilakukan pertemuan bilateral dengan kepala negara lainnya. Insha Allah saya dan rombongan akan tiba di tanah air pada 25 Agustus," ucap presiden. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat