visitaaponce.com

Sekjen PBB Bantuan Pertama Masuk Gaza

Sekjen PBB: Bantuan Pertama Masuk Gaza
Truk bantuan kemanusiaan pertama untuk Gaza telah tiba lewat pintu perbatasan Rafah, Mesir(AFP )

SEKJEN Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memohon pada Sabtu (21/10) untuk gencatan senjata kemanusiaan antara Israel dan militan Hamas yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza, dan menuntut tindakan untuk mengakhiri mimpi buruk yang mengerikan tersebut.

Dalam sebuah pertemuan di Kairo saat konflik memasuki minggu ketiga, Guterres mengatakan bahwa daerah kantong Palestina yang berpenduduk 2,4 juta orang itu sedang mengalami bencana kemanusiaan dengan ribuan orang tewas dan lebih dari satu juta orang mengungsi.

Pertemuan tersebut diadakan pada hari ketika kontingen pertama yang terdiri dari 20 truk bantuan masuk ke Gaza selatan melalui penyeberangan Rafah, Guterres menegaskan bahwa perlu ditingkatkan dengan cepat, dengan lebih banyak bantuan yang dikirim.

Baca juga: Intelijen Prancis Sebut Roket Palestina Kemungkinan Besar Penyebab Ledakan RS di Gaza

Kendaraan-kendaraan itu telah menunggu berhari-hari di sisi Mesir.

Rafah adalah satu-satunya jalur masuk ke Gaza yang tidak dikontrol oleh Israel, dan setuju untuk mengizinkan bantuan masuk dari Mesir setelah permintaan dari sekutu utamanya, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Truk Pertama dari 20 Truk Bantuan Masuki Gaza dari Mesir

PBB mengatakan bahwa sekitar 100 truk per hari dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang memburuk di Gaza.

"Palestina membutuhkan pengiriman bantuan yang terus menerus ke Gaza dalam skala yang dibutuhkan," kata Sekjen PBB pada KTT Kairo untuk Perdamaian.

"Kita bertemu di tengah-tengah wilayah yang sedang terguncang dan selangkah lagi menuju jurang," ujar Guterres dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh para pemimpin Mesir, Irak, Yordania, Uni Emirat Arab, Italia, Spanyol, dan Presiden Palestina, Mahmud Abbas.

Pertumpahan darah dimulai pada 7 Oktober ketika militan Hamas menyerbu perbatasan Gaza menuju Israel, melancarkan serangan yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dalam serangan paling mematikan di wilayah Israel sejak negara tersebut didirikan pada tahun 1948.

Israel membalas dengan kampanye pengeboman tanpa henti, menewaskan lebih dari 4.300 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Guterres mengatakan bahwa keluhan rakyat Palestina adalah sah dan panjang setelah 56 tahun pendudukan tanpa akhir yang terlihat tetapi dia menekankan tidak ada yang bisa membenarkan serangan tercela oleh Hamas yang meneror warga sipil Israel.

“Serangan-serangan keji tersebut tidak akan pernah bisa membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina,” tegasnya.

Raja Yordania Abdullah II menyerukan segera mengakhiri perang di Gaza dan mengutuk "kebungkaman global" atas kematian dan penderitaan rakyat Palestina.

"Pesan yang didengar oleh dunia Arab sangat keras dan jelas: nyawa orang Palestina lebih penting daripada nyawa orang Israel. Nyawa kami tidak lebih penting dari nyawa orang lain," tegasnya.

"Penerapan hukum internasional adalah pilihan. Dan hak asasi manusia memiliki batasan - mereka berhenti di perbatasan, mereka berhenti di ras, dan mereka berhenti di agama,” tambahnya.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan bahwa satu-satunya solusi bagi konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama 75 tahun adalah keadilan.

"Warga Palestina harus menyadari hak-hak mereka yang sah untuk menentukan nasib sendiri dan negara merdeka di tanah mereka," kata Sisi.

Abbas juga menyerukan solusi dua negara dan mengakhiri pendudukan Israel serta menolak "Nakba kedua" - merujuk pada lebih dari 760.000 warga Palestina yang terusir dari tanah mereka selama pembentukan negara Israel.

"Kami tidak akan pergi," dia mengulanginya tiga kali di akhir pidatonya.

Kairo dan Amman telah berulang kali menolak seruan bagi sejumlah besar pengungsi untuk memasuki Mesir dari Gaza, dan memperingatkan bahwa pemindahan paksa warga Palestina akan mengarah pada pemusnahan perjuangan Palestina.

Mesir dan Yordania adalah negara Arab pertama yang menormalisasi hubungan dengan Israel, masing-masing pada tahun 1979 dan 1994, dan sejak saat itu menjadi mediator utama antara pejabat Israel dan Palestina.

Namun upaya diplomatik sejauh ini tidak banyak menghasilkan kemajuan dan hanya berfokus pada masuknya bantuan kemanusiaan ke daerah kantong yang dilanda perang di mana Israel memberlakukan pengepungan total, menghentikan pasokan air, listrik, bahan bakar dan makanan. (AFP/fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat