visitaaponce.com

Semua Cara Ditempuh Pemerintah untuk Evakuasi WNI di Gaza

Semua Cara Ditempuh Pemerintah untuk Evakuasi WNI di Gaza
Wakil Tetap Indonesia untuk PBB Arrmanatha Nasir(Antara)

Pemerintah Indonesia terus berupaya mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Jalur Gaza, Palestina, yang terus digempur Israel sejak 7 Oktober lalu.

Upaya evakuasi WNI belum dapat dilakukan hingga saat ini karena faktor keamanan. Kendati demikian, Indonesia terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk Qatar.

Qatar diketahui telah menegosiasikan pembebasan sejumlah sandera yang ditawan Hamas sejak 7 Oktober lalu. Sejauh ini, Hamas telah bersedia membebaskan beberapa sandera, walau ratusan lainnya masih ditahan di Gaza.

Baca juga: Sekjen PBB Sebut Ada Pelanggaran Hukum Internasional di Gaza, Israel Marah

"Qatar berusaha menjadi perantara seputar pembebasan sandera, dan Bu Menlu (Retno Marsudi) juga menggunakan saluran ini mengenai WNI di Gaza. Bu Menlu meminta bantuan agar bisa diberikan akses (bagi WNI) untuk keluar," kata Wakil Tetap Indonesia untuk PBB Arrmanatha Nasir, dalam keterangan virtual kepada awak media, Selasa (24/10).

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan bahwa prioritas pemerintah dalam proses evakuasi WNI adalah keselamatan warga.

Baca juga: Arrmanatha Tegaskan Indonesia tidak Diam dalam Isu Gaza di PBB

Ia mengatakan situasi saat ini belum memungkinkan untuk dilakukannya evakuasi. "Tapi Ibu Menlu (Retno Marsudi) bersama jajaran Kemenlu bersama KBRI Kairo dan KBRI Amman terus berupaya melalui berbagai pihak dan skenario untuk mengevakuasi WNI," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Indonesia juga menjalin komunikasi dengan negara Teluk lainnya termasuk Qatar. "Tapi komunikasi juga dilakukan dengan banyak negara dan organisasi. Semua skenario kita jalankan demi mengevakuasi WNI dengan aman," tandas Iqbal. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat