visitaaponce.com

Houthi Yaman Serang Kapal Kargo Jerman di Laut Merah

Houthi Yaman Serang Kapal Kargo Jerman di Laut Merah
Warga Yaman mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan selama unjuk rasa solidaritas dengan rakyat Gaza pada 24 November 2023.(AFP/Mohammed Huwais.)

PROYEKTIL yang ditembakkan dari Yaman yang dikuasai pemberontak menghantam kapal kargo di Laut Merah pada Jumat (15/12). Ini dikatakan seorang pejabat AS dan perusahaan intelijen. Serangan itu yang terbaru dari rangkaian sebelumnya.

"Kami mengetahui bahwa sesuatu yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menghantam kapal ini dan rusak. Ada laporan terjadi kebakaran," kata pejabat pertahanan AS kepada AFP.

Perusahaan intelijen swasta Ambrey mengatakan kapal kontainer, yang dimiliki oleh perusahaan transportasi Jerman Hapag-Lloyd, "Mengalami kerusakan fisik akibat serangan udara," di utara kota pesisir Mocha, Yaman.

Baca juga: Houthi Yaman Belokkan Kapal Kargo Tujuan Israel

Proyektil tersebut dilaporkan mengenai sisi kiri kapal dan satu kontainer jatuh ke laut akibat benturan tersebut. Proyektil tersebut menyebabkan kebakaran di dek, yang dilaporkan melalui radio, kata Ambrey.

Pemberontak yang didukung Iran itu mengatakan mereka akan menargetkan kapal mana pun yang melakukan perjalanan ke Israel terlepas dari kewarganegaraan mereka. Kini Huthi melancarkan serangan hampir setiap hari, meskipun sebagian besar tidak berhasil.

Baca juga: AS Minta Dibantu Lawan Houthi Yaman, Ini Jawaban Australia

Kapal perang AS, Prancis, dan Inggris berpatroli di wilayah tersebut dan telah menembakkan beberapa rudal dari langit. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat