visitaaponce.com

Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Texas, Satu Korban Jiwa

Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Texas, Satu Korban Jiwa
Citra satelit kebakaran yang terjadi di Texas, Amerika Serikat.(AFP)

TIM darurat Texas berjuang, Kamis, mengendalikan kebakaran hutan terbesar dalam sejarah negara bagian Amerika Serikat (AS) itu. Kebakaran itu telah menyebabkan satu orang teweas dan membakar sejuta acre saat meluas tanpa terkendali.

Texas A&M Forest Service mengatakan enam kebakaran besar, yang diperparah oleh panas musim dingin dan angin kencang, sedang membakar secara aktif, lima di antaranya di wilayah utara negara bagian yang dikenal sebagai Texas panhandle.

Kebakaran terbesar, Smokehouse Creek Fire, dimulai pada Senin, tumbuh menjadi rekor 1.075.000 acre (435.000 hektar), dan baru terkendali sebanyak 3%, kata pihak forest service.

Baca juga : Pabrik Senjata Nuklir Sempat Ditutup Imbas Kebakaran Hutan Texas

Dengan Smokehouse Creek bergabung dengan kebakaran lain, kebakaran ini sekarang menjadi kebakaran hutan terbesar yang pernah terjadi di negara bagian itu, melampaui bencana East Amarillo Complex yang membakar 907.000 acre tahun 2006.

Sementara evakuasi preventif diperintahkan di beberapa wilayah, jasad seorang perempuan berusia 83 tahun ditemukan di kota Stinnett, kata juru bicara layanan darurat Kabupaten Hutchinson, Deidra Thomas, kepada ABC News.

Dia juga mengatakan sekitar 20 struktur di Stinnett telah dilalap kebakaran.

Baca juga : Evakuasi Kota-kota di Texas Akibat Badai Api yang Menghancurkan Sejumlah Rumah

Gubernur Greg Abbott pada Selasa mengeluarkan deklarasi bencana untuk 60 kabupaten di Texas, langkah yang membebaskan sumber daya untuk melawan kebakaran.

Presiden Joe Biden, saat mengunjungi perbatasan selatan, memberi tahu wartawan bahwa 500 personel federal sedang bekerja pada pemadaman kebakaran di Texas.

"Saya memerintahkan tim saya untuk melakukan segala yang mungkin untuk membantu melindungi masyarakat yang terancam oleh kebakaran ini," kata Biden, berjanji dukungan federal untuk Texas dan Oklahoma tetangga sambil juga mengecam mereka yang menyangkal perubahan iklim.

"Saya menyukai beberapa teman Neanderthal saya yang masih berpikir bahwa tidak ada perubahan iklim," kata dia.

Kota-kota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada mengalami suhu rekor pada bulan Februari, dengan beberapa mengalami panas seperti musim panas. Pola cuaca El Nino bermain, selain perubahan iklim, menurut para ahli. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat