visitaaponce.com

Evakuasi Kota-kota di Texas Akibat Badai Api yang Menghancurkan Sejumlah Rumah

Evakuasi Kota-kota di Texas Akibat Badai Api yang Menghancurkan Sejumlah Rumah
Tujuh kebakaran hutan melanda Texas, termasuk salah satu terbesar dalam sejarah negara bagian, mengakibatkan kerusakan properti dan evakuasi(AFP)

Tujuh kebakaran hutan melanda Texas, termasuk salah satu yang terbesar dalam sejarah negara bagian tersebut, kata otoritas pada Rabu, dengan properti yang hancur dan beberapa perintah evakuasi dikeluarkan, terutama di bagian utara.

Kebakaran hutan Smokehouse Creek di panhandle Texas, sebuah area datar di utara yang dikenal karena padang rumputnya dan sejumlah kota kecil, hanya terkendali sebanyak 3% menurut Texas A&M Forest Service.

Kebakaran besar ini telah membakar sekitar 850.000 acre (344.000 hektare) - luasnya sekitar setengah dari ukuran negara bagian Delaware.

Baca juga : Korban Kebakaran di Hawaii Tak Dapat Peringatan Evakuasi. Begini Kronologinya

Setelah angin kencang dan suhu yang tidak lazim tinggi, negara bagian ini melacak 25 kebakaran hutan, 18 di antaranya terkendali, Rabu.

Gubernur Greg Abbott menyatakan keadaan bencana untuk 60 county, sementara kebakaran di dekat kota utara Amarillo sementara menyebabkan penutupan pabrik senjata nuklir.

"Di kota Canadian, salah satu kota yang paling dekat dengan kebakaran, banyak rumah yang terbakar," kata Wali Kota Terrill Bartlett kepada CNN, tetapi untungnya, tidak ada yang terluka parah.

Baca juga : Tingkat Kematian Akibat Kebakaran di Hawaii Diperkirakan Akan Naik 

Menurut ahli meteorologi CNN, Chad Myers, kebakaran bergerak dengan kecepatan dua lapangan sepak bola per detik.

National Weather Service di Amarillo, kota terbesar di daerah tersebut, mengatakan pada hari Rabu bahwa suhu dingin "dengan angin lemah" diperkirakan, yang diharapkan akan membantu otoritas dalam memerangi kebakaran.

Di kota Borger, otoritas membagikan gambar daerah yang masih membakar, termasuk beberapa bangunan yang dilalap oleh api.

Baca juga : 3.600 Hektare Wilayah Spanyol Hangus Setelah Pulau La Palma Terbakar

Pejabat kota mengatakan mereka telah membuka tempat perlindungan bagi yang terdampak, sementara perintah evakuasi dikeluarkan untuk sebagian besar kota terdekat Fritch, yang sebagian besar telah kehilangan listrik dan air.

"Saya rasa banyak orang yang tinggal di daerah Fritch mungkin tidak akan siap untuk melihat apa yang akan mereka lihat ketika mereka masuk ke kota," kata juru bicara Emergency Management County Hutchinson Deidra Thomas dalam pembaruan video yang diposting di Facebook pada awal hari tersebut.

"Masih ada rumah yang terbakar."

Baca juga : Pabrik Senjata Nuklir Sempat Ditutup Imbas Kebakaran Hutan Texas

Sementara itu, Presiden Joe Biden menerima pembaruan tentang kejadian tersebut, dan Gedung Putih berada dalam kontak dengan staf garis depan, kata juru bicara pers Karine Jean-Pierre.

Amarillo mengalami masalah kualitas udara serius ketika angin mendorong asap ke area tersebut pada hari Selasa.

Kota-kota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada mengalami suhu Februari rekor minggu ini, dengan beberapa mengalami panas seperti musim panas. Pola cuaca El Nino berperan, ditambah dengan perubahan iklim, menurut para ahli. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat