visitaaponce.com

Banjir Besar Landa Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, Belasan Ribu Warga Terdampak

Banjir Besar Landa Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, Belasan Ribu Warga Terdampak
Banjir besar landa Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, belasan ribu warga terdampak dan dievakuasi.(Dok. MI)

BENCANA banjir besar melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) akibat tingginya curah hujan yang turun di wilayahnya tersebut sejak dua pekan terakhir. Tercatat sekitar 17.000 warga terdampak banjir dan ratusan orang terpaksa mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, Sabtu (8/6) dalam laporan kebencanaannya menyebutkan bencana banjir terjadi sejak Selasa (4/6) dan terus meluas.

"Banjir hingga kini masih berlangsung. Kita telah melakukan langkah-langkah penanganan di lapangan termasuk pengungsian warga di daerah yang parah," kata Suria.

Baca juga : Banjir 1,5 Meter Rendam Rumah Warga di Koto Tengah Padang

BPBD juga menghimbau warga di daerah sepanjang DAS untuk mewaspadai bencana banjir, seiring kondisi cuaca buruk yang terjadi di sebagian besar wilayah Kalsel dalam beberapa waktu terakhir.

Data sementara Pusdalops BPBD Kalsel mencatat banjir di Kabupaten Tanah Bumbu merendam 24 desa pada tujuh kecamatan yaitu Sungai Loban, Kusan Hulu, Kuranji, Kusan Tengah, Karang Bintang, Satui dan Batulicin. Daerah terparah dilanda banjir antara lain Sungai Loban dengan 2.224 jiwa terdampak banjir, Kusan Tengah 3.342 jiwa terdampak, Kusan Hulu 772 warga terdampak dan Satui 9.773 jiwa terdampak.

Ratusan warga di Kecamatan Satui terpaksa diungsikan ke lokasi aman karena ketinggian banjir mencapai dua meter dan hampir menenggelamkan rumah warga. Sejauh ini tercatat lebih 200 warga terpaksa mengungsi, sebagian besar mengungsi ke bangunan SMP 4 Sinar Bulan dan Gedung Wahana Bersujud, dan sebagian lain ke lokasi aman lainnya.

Pada bagian lain banjir juga menyebabkan arus lalu lintas di jalur Trans Kalimantan seperti di Satui terganggu akibat terendam banjir. Banjir juga merendam hampir 1.000 hektare sawah di Satui dan Kusan Hulu akibat jebolnya tanggul penahan banjir.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat