visitaaponce.com

Banjir 1,5 Meter Rendam Rumah Warga di Koto Tengah Padang

Banjir 1,5 Meter Rendam Rumah Warga di Koto Tengah Padang
Ilustrasi(Antara)

Banjir dengan ketinggian lebih dari satu meter menggenangi rumah warga di kawasan Parak Jambu, Koto Tangah, Padang, Sumatra Barat, Jumat (8/3). Banjir itu terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur sejak Kamis (7/3) siang.

"Di dalam rumah ketinggian air sekitar 1,5 meter, sedangkan di jalanan sekitar 2 meter," kata salah seorang warga bernama Bayu Aria.

Ia menceritakan air mulai masuk ke kontrakannya sekitar pukul 23.00 WIB. Melihat genangan air semakin tinggi, ia mengevakuasi diri secara mandiri ke tempat yang lebih aman.

Baca juga : BPBD Padang Evakuasi Puluhan Warga yang Terjebak Banjir di Alai Parak Kopi

Lima orang rekannya yang tidak mencari tempat aman, saat ini masih terjebak di loaksi banjir.

Warga lainnya, Nofriadi, mengatakan genangan air di dalam rumahnya mencapai ketinggian 1,5 meter. Akibatnya, dia bersama istri dan dua orang anaknya terpaksa mengungsi demi menjaga keselamatan.

"Tidak ada barang-barang yang sempat diselamatkan karena air masuk ke rumah dengan cepat dan langsung meninggi," tutur Nofriandi.

Baca juga : Hujan Lebat Sebabkan Banjir di Padang

Hingga Jumat pagi, Nofriadi bersama warga lainnya masih bertahan di tempat pengungsian sementara sambil menunggu air surut. Mereka mengungsi di teras-teras kedai di pinggir jalan.

Di wilayah lain, bencana banjir juga terjadi seperti antaranya kawasan Alai Parak Kopi, Rawang, Seberang Padang, Parak Gadang Timur, Dadok Tunggul Hitam, Gunung Pangilun, dan Kurao Pagang.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD Padang, Basarnas, Kepolisian, TNI, dan insan kebencanaan lainnya telah melakukan evakuasi secara berkelanjutan sejak Kamis malam. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat