visitaaponce.com

Hujan Lebat dan Debit Air Sungai Naik, 138 Warga Pabalutan Mengungsi

Hujan Lebat dan Debit Air Sungai Naik, 138 Warga Pabalutan Mengungsi
Ilustrasi(Antara)

Hujan lebat yang turun di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Jumat (28/6), sore hingga malam mengakibatkan debit air sungai Batang Lona naik. Mendapati kondisi itu, 138 warga Jaho Jorong Pabalutan Nagari Rambatan yang tinggal di bantaran sungai tersebut memutuskan untuk ke pondok-pondok pengungsian karena khawatir luapan air semakin besar dan terjadi banjir.

Bupati Tanah Datar Eka Putra yang mendapat laporan dari Wali Nagari dan Kepala Jorong setempat, malam itu juga langsung bergerak cepat untuk mengecek kondisi keamanan dan kebutuhan warganya yang ada di pengungsian.

"Tadi saya mendapat laporan langsung dari Wali Nagari Rambatan dan beberapa tokoh masyarakat, bahwa malam ini air sungai batang Lona naik dan warganya mengungsi. Setelah itu, kami langsung bersama-sama datang ke lokasi untuk mengunjungi warga kami yang mengungsi disini. Alhamdulillah, seluruh warga kami yang berada disini dalam kondisi baik," kata Eka Putra.

Baca juga : 56 Rumah Warga di Tanah Datar Terendam Banjir

Saat berada di lokasi pengungsian, ia juga memastikan ketersediaan logistik bagi warganya yang sedang mengungsi.

"Tadi sudah kita cek langsung ke warga, alhamdulillah logistik untuk malam ini sudah cukup. Besok pagi, kita akan kirimkan bantuan kesini melalui pak Wali Nagari dan Kepala Jorong," ucapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Rambatan Irzon menjelaskan bahwa warganya yang mengungsi malam ini sebanyak 138 jiwa.

"Pasca bencana galodo pada bulan lalu, alhamdulillah warga kami sudah semakin tanggap terhadap keselamatannya masing-masing. Apabila melihat air sungai naik, mereka langsung mengungsi ke tempat ketinggian dan mereka juga sudah menyiapkan pondok-pondok untuk tempat mengungsi. Seperti yang kita lihat sekarang, disini ada 138 jiwa yang mengungsi di sini," jelasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat