visitaaponce.com

Banjir Bandang Parigi Moutong, Satu Warga Tewas dan Satu Warga Lainnya Hilang

Banjir Bandang Parigi Moutong,  Satu Warga Tewas dan Satu Warga Lainnya Hilang
Banjir bandang landa Parigi Moutong Sulawesi Selatan(Antara)

BANJIR bandang melanda dua desa di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (23/6) dini hari. Satu warga meninggal dunia, dan satu warga lainnya hilang dalam peristiwa itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, melaporkan banjir bandang yang terjadi di Desa Sibalago dan Desa Sienjo, Kecamatan Toribulu tersebut karena curah hujan yang tinggi sejak malam hari, sehingga menyebabkan meluapnya sungai Toribulu.

“Yang menambah parah karena air sungai bertemu dengan air laut pasang sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sulteng, Akris Fattah Yunus dalam pernyataan resmi yang diterima Media Indonesia di Palu, tadi siang.

Baca juga : Satu Warga Meninggal Dunia akibat Banjir di Wajo Sulsel

Menurutnya, banjir bandang terjadi dini hari sekitar pukul 04.38 WITA. Saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Parigi Moutong masih berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan asesmen di lapangan.

“Laporan sementara satu warga meninggal dunia atas nama Andi Nur Hayati ,70, dan satu warga lainnya atas nama Aco hilang masih dalam pencarian,” ungkap Akris.

Masih berdasarkan laporan sementara dari lokasi kejadian, 29 unit rumah warga terendam banjir dan 30 kepala keluarga (KK) atau 90 jiwa terdampak di Desa Sienjo, di antaranya 12 bayi dan balita, dua orang penyandang disabilitas dan empat orang lansia.

Baca juga : Rumah Terendam Banjir, Banyak Warga Makassar Mengungsi

Sedangkan di Desa Sibalago, 90 KK terdampak dan satu unit jembatan penghubung Desa Sibalago dan Sienjo terputus sehingga menyebabkan warga Desa Sibalago terisolir.

“Kebutuhan warga yang mendesak logistik. Selain itu perlu perbaikan jembatan dan normalisasi sungai,” papar Akris.

Hingga saat ini, hujan di lokasi masih berlansung, namun dengan intensitas rendah. Selain itu beberapa warga sudah membersihkan kediamannya masing-masing dari material banjir seperti air dan lumpur. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat