visitaaponce.com

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen Dilaporkan Terkejut dan Terluka Usai Diserang

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen Dilaporkan Terkejut dan Terluka Usai Diserang
Serangan terhadap PM Denmark, Mette Frederiksen di Kopenhagen, menyebabkan kekagetan dan cedera leher. (Instagram)

PERDANA Menteri  Denmark Mette Frederiksen dilaporkan kaget dan mengalami nyeri leher setelah dilempar seorang pria saat berjalan di pusat Kopenhagen. 

Serangan itu terjadi di sebuah lapangan di kota tua ketika seorang pria mendekati politisi tersebut dan memukulnya. Penyerangnya segera ditangkap, tetapi belum ada kata tentang motifnya. 

Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyebutnya sebagai "tindakan keji, yang bertentangan dengan segala sesuatu yang kita percayai dan perjuangkan di Eropa". 

Baca juga : Perdana Menteri Denmark Diserang di Copenhagen

Serangan terhadap seorang pemimpin Eropa lainnya terjadi kurang dari sebulan setelah PM Slovakia Robert Fico ditembak beberapa kali saat menyapa pendukungnya. Dia selamat dan telah menjalani operasi. 

Dua saksi - Marie Adrian dan Anna Ravn - menggambarkan serangan Kopenhagen kepada surat kabar lokal BT, mengatakan: "Seorang pria lewat dari arah berlawanan dan memberinya dorongan keras di bahu, menyebabkannya jatuh ke samping." 

Mereka mengatakan meskipun itu adalah "dorongan kuat" PM tidak jatuh ke tanah dan dia duduk di sebuah kafe di dekatnya untuk pulih. 

Baca juga : Axelsen Mundur dari Indonesian Terbuka karena Cedera

Kantor Mette Frederiksen mengatakan insiden tersebut membuat politisi tersebut "terkejut" dan dia menderita "nyeri leher ringan". 

Seorang pria berusia 39 tahun dijadwalkan akan tampil di sidang di Pengadilan Frederiksberg pada Sabtu sore terkait insiden tersebut. 

Serangan itu terjadi dua hari sebelum Denmark memberikan suara dalam pemilu EU. Frederiksen, pemimpin Partai Sosial Demokrat Denmark, sebelumnya telah mengambil bagian dalam acara pemilu Eropa dengan calon utama partainya Christel Schaldemose. 

Baca juga : Benjamin Netanyahu: Israel Berhak Melindungi Dirinya Sendiri

Partai Sosial Demokrat adalah partai terbesar dalam pemerintahan koalisi Denmark. Mereka masih memimpin jajak pendapat, tetapi dukungan mereka telah menurun secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir. 

Menteri Lingkungan Denmark Magnus Heunicke mengatakan pada X: "Mette tentu kaget oleh serangan itu. Saya harus mengatakan bahwa itu mengguncang kita semua yang dekat dengannya." 

Kepala EU Charles Michel mengatakan pada X bahwa dia "marah". "Saya sangat mengutuk tindakan agresi yang pengecut ini," katanya. 

Baca juga : Pejabat Hizbullah Terluka Serius dalam Serangan Israel di Lebanon, Empat Pejuang Tewas

Frederiksen, 46, menjadi perdana menteri tahun 2019 setelah mengambil alih kepemimpinan Partai Sosial Demokrat tengah-kiri empat tahun sebelumnya. Hal ini menjadikannya perdana menteri termuda dalam sejarah Denmark. 

Tak lama setelah itu, dia terlibat dalam perselisihan dengan Presiden saat itu, Donald Trump, setelah dia menolak ide Trump tentang AS membeli Greenland. Trump menyebutnya "jahat" setelah dia menolak saran kesepakatan tanah tersebut sebagai "absurd". 

Pada 2022,  Frederiksen sangat dikritik sebuah komisi yang menyelidiki keputusan pemerintahnya untuk memusnahkan jutaan musang selama pandemi Covid. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat