visitaaponce.com

Di AIPA Caucus ke-15, BKSAP DPR Dorong Dibentuk Task Force untuk Resolusi Perdamaian Myanmar

Di AIPA Caucus ke-15, BKSAP DPR Dorong Dibentuk Task Force untuk Resolusi Perdamaian Myanmar
Ketua Tim Delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-15 Putu Supadma Rudana.(DPR RI)

DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mengikuti pertemuan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Caucus ke-15 di Jerudong, Brunei Darussalam. Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-15 Putu Supadma Rudana mengingatkan kembali, soal resolusi perdamaian dan proses demokratisasi di Myanmar.

Dia berharap ada resolusi yang di dalamnya menerapkan five points consensus yang dalam implementasinya dibentuk semacam mekanisme yang dapat di implementasikan dalam bentuk task force.

"Sehingga betul-betul ke depan resolusi itu bisa di implementasikan, baik dalam bentuk task force, ataupun apakah ada satu mekanisme yang dilakukan untuk mengevaluasi bagaimana agar resolusi ini bisa terjalin, atau disaat yang bersamaan bisa terwujud. Tentu kita berharap ke depan, dalam forum ini yang tadi sudah diputuskan bahwa komunikasi yang dilakukan diantara parlemen tadi kita berharap tentu ke depan akan dibawa ke level eksekutif committee, yaitu disana akan dibahas dan diputuskan dan harapannya ke depan nantinya akan ada task force yang akan mengawal proses demokrasi di Myanmar," katanya.

Hal tersebut diungkapkan, usai menghadiri Opening Ceremony sekaligus 1st Plenary AIPA Caucus dengan tema; "Strengthening ASEAN Cyber Resilience through Parliamentary Cooperation: Towards a Future of Safe and Vibrant Digital Economy," di Jerudong, Brunei Daarussalam, Selasa (11/6/2024).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat