visitaaponce.com

Ukraina Menolak Usulan Perdamaian dengan Rusia

Ukraina Menolak Usulan Perdamaian dengan Rusia
Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak (kanan).(AFP)

UKRAINA menolak usulan perdamaian Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa jam setelah ditawarkan, dengan alasan tidak ada 'usulan perdamaian' baru dari Moskow.

Penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan dalam sebuah pernyataan di platform X menulis "Tidak ada 'usulan perdamaian' baru dari Rusia."

Sebelumnya pada hari yang sama, Putin mengatakan pada pertemuan dengan pegawai Kementerian Luar Negeri di Moskow bahwa Rusia membuat usulan perdamaian konkret dan nyata kepada Kiev.

Baca juga : Putin Berikan Syarat Perundingan Perdamaian dengan Ukraina

"Jika Kiev dan negara-negara Barat menolaknya seperti sebelumnya, maka itu adalah urusan mereka, tanggung jawab politik dan moral mereka atas kelanjutan pertumpahan darah," kata Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin  telah menuntut agar Ukraina menyerahkan lebih banyak wilayah, menarik pasukan lebih jauh ke dalam negaranya sendiri, dan membatalkan upayanya untuk bergabung dengan NATO agar dia dapat mengakhiri perangnya di Ukraina.

Dilansir dari Guardian, Sabtu (15/6), tuntutan itu merupakan proposal gencatan senjata baru Putin yang dikeluarkan ketika utusan lebih dari 90 negara, termasuk Ukraina, berkumpul di Swiss akhir pekan ini. Mereka membahas rencana perdamaian yang dipimpin negara barat.

Rusia melancarkan 'operasi militer khusus' di Ukraina pada Februari 2022. (Ant/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat