visitaaponce.com

Cianjur Dikunjungi Lebih dari 1,6 Juta Wisatawan

Cianjur Dikunjungi Lebih dari 1,6 Juta Wisatawan
Wisatawan sedang menikmati wahana perahu di kawasan wisata alam Cigunung Tugu di Desa Pasawahan, Takokak, Cianjur, Jawa Barat.(MI/BENNY BASTIANDY)

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, menargetkan jumlah kunjungan wisatawan tahun ini sebanyak 2 juta lebih. Hingga akhir Oktober, jumlah kunjungan telah mencapai 1,6 juta wisatawan atau kisaran 80% dari target.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Elis Rosmakania, menjelaskan perkembangan data jumlah kunjungan wisatawan cenderung masih dinamis. Artinya, jumlah wisatawan yang datang ke berbagai objek daya tarik wisata (ODTW) masih terus bertambah.

"Selama periode Januari-Oktober, jumlah kunjungan wisatawan yang kami catat dari semua ODTW sebanyak 1.666.044 orang. Jumlahnya telah mencapai 80,68% dari target tahun ini sebanyak 2.065.021 wisatawan," kata Elis, Jumat (10/11).

Pengunjung yang datang ke berbagai ODTW di Kabupaten Cianjur tak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. Namun, mayoritas masih didominasi wisatawan domestik.

"Kalau berdasarkan data, jumlah wisatawan domestik sebanyak 1.576.154 orang. Sisanya sebanyak 89.890 orang merupakan wisatawan mancanegara,"
tuturnya.

Baca juga:

Sektor Pariwisata Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Kunjungan Wisatawan di Kepulauan Togean Meningkat

Disbudpar Kabupaten Cianjur mengklasifikasikan wisatawan menjadi dua bagian. Ada yang berwisata ke berbagai ODTW, ada juga yang hanya menginap di hotel. "Paling banyak memang yang datang ke berbagai ODTW. Jumlahnya sebanyak 1.177.324 orang. Kalau yang wisatawan akomodasi atau yang menginap di hotel sebanyak 488.720 orang," jelasnya.

Mayoritas wisatawan yang datang tidak menginap. Biasanya mereka datang ke satu ODTW, kemudian kembali ke daerahnya.

"Berbeda dengan yang menginap, karena mereka sudah memiliki rencana berkunjung ke berbagai ODTW," ungkap Elis.

Di Kabupaten Cianjur terdapat sebanyak 59 ODTW. Hingga saat ini Kebun Raya Cibodas masih menjadi favorit tempat wisata yang banyak didatangi wisatawan.

"Kepada setiap pengelola ODTW, kami menyarankan agar mereka mengirimkan video setiap lokasi wisata. Kami ikut mempromosikan di media sosial untuk menarik minat wisatawan datang ke setiap objek wisata di Cianjur," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat