visitaaponce.com

Kunjungan Wisatawan di Kepulauan Togean Meningkat

Kunjungan Wisatawan di Kepulauan Togean Meningkat
Pemandangan salah satu penginapan di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.(MI)

KUNJUNGAN wisatawan di Kepulauan Togean, Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, meningkat drastis. Hal itu terjadi menyusul dicabutnya status pandemi covid-19 oleh pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tojo Una Una, Muhammad Arsyad mengatakan, hingga November 2023 pihaknya mencatat total kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri yang berlibur ke Kepulauan Togean mencapai 27.000 orang.

“Dari 27.000 orang itu, 3.600 orang di antaranya wisatawan mancanegara,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Selasa (7/11).

Baca juga: Piknik di Atas Bukit, Wisata Baru di Labuan Bajo

Sejalan dengan Pemerintah Tojo Una Una yang terus mendorong sektor Pariwisatanya dengan berbagai event dan promosi, pemerintah Sulawesi Tengah juga turut mendukung penuh upaya-upaya tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih mengungkapkan, salah satu wujud nyata dukungan dan kolaborasi pihaknya kepada Pemerintah Tojo Unauna adalah terselenggaranya event Jelajah Togean 2023.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tumbuh 64,8 Persen

Diah mengakui, bahwa ada pelbagai kendala dan keterbatasan sumber daya dalam mendukung percepatan sektor pariwisata di Kepulauan Togean.

Meskipun demikian, Diah tetap optimistis dengan prinsip-prinsip kolaborasi antar stakeholder dan komunikasi yang baik maka segala tantangan dan program serta strategi untuk mendorong sektor pariwisata di Kepulauan Togean akan mencapai tujuan yang diharapkan bersama.

“Tojo Una Una memiliki potensi dan daya tarik pariwisata yang cukup lengkap. Disamping potensi keindahan alam di Kepulauan Togean yang sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, Tojo Una Una juga memiliki potensi di bidang kuliner dan budaya yang menarik untuk dieksplorasi,” tandasnya.

Pada perhelatan Jelajah Togean 2023 dilaksanakan beberapa item kegiatan lain seperti jalan santai, tarik tambang di atas perahu, lomba foto dan video di media sosial, penampilan musik, serta family trip ke beberapa pulau indah di wilayah Kepulauan Togean.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat